Prestasi Kemenpar Tahun 2016 Tuai Pujian

INFONAWACITA.COM – Tahun 2016 menjadi tahun yang membanggakan bagi Kementerian Pariwisata (Kemenpar), karena sepanjang tahun itu Kemenpar mendapatkan serangkaian penghargaan terkait promosi pariwisata Indonesia.

Pesona Indonesia yang mendapat 46 penghargaan di 22 negara. Kemenpar juga berhasil memperoleh predikat opini laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun anggaran 2015. Kemudian untuk capaian kinerja Kemenpar berdasarkan penilaian Kemenpan RB, nilai sementara pada tahun 2016 adalah BB, atau sangat baik.

Bahkan untuk penghargaan World Halal Tourism Award 2016, Indonesia memenangkan 12 dari 16 kategori yang dilombakan.

Atas serangkaian prestasi Kemenpar, Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) merasa puas. Pujian ini dilontarkan Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra saat rapat kerja dengan Kemenpar di Jakarta, Selasa (17/1).

Sutan mendesak Kemenpar untuk melakukan beberapa langkah strategis dalam meningkatkan kinerja di tahun 2017 ini. Pertama, Komisi X meminta Kemenpar melakukan langkah-langkah strategis agar devisa sektor pariwisata meningkat secara signifikan, dan menjadi salah satu sumber devisa terbesar.

“Kemudian, Kemenpar untuk mengevaluasi kebijakan bebas visa terhadap 169 negara secara komprehensif, dan melakukan langkah-langkah yang lebih sungguh-sungguh terhadap adanya dampak kunjungan bebas visa tersebut, dan berkoordinasi dengan Kementerian atau Lembaga lain,” tambah Sutan.

Selain Komisi X juga mendesak Kemenpar untuk lebih fokus mempromosikan daerah wisata di Indonesia ke luar negeri, dengan memperhatikan keunikan destinasi wisata, jenis wisata dan target wisman.

“Berikutnya, Kemenpar untuk mengevaluasi target kunjungan wisatawan mancanegara dengan mempertimbangkan potensi wisman yang akan berkunjung kembali, pelintas batas antarnegara, minat khusus wisatawan, MICE, wisatawan personal, pengaruh insentif promosi dan alokasi anggaran,” tambah Sutan.

Komisi X meminta Kemenpar untuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang kemungkinan muncul di tahun 2017, agar target yang telah ditetapkan pada RKP dapat terwujud, serta menyampaikan langkah-langkah yang telah dan yang belum dilakukan dalam rangka menindaklanjuti rekomendasi Panja Pemasaran dan Destinasi Pariwisata Komisi X DPR. (HG)