Presiden Terima ORI di Istana Kepresidenan Bogor

Presiden Jokowi.( foto: Biro Pers Set Pres)

INFONAWACITA.COM – Presiden Joko Widodo menerima Ombudsman Republik Indonesia (ORI) yang dipimpin Ketuanya Amzulian Rifai di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (7/12).

Presiden Jokowi menerima Ombudsman RI mulai sekitar pukul 11.00 WIB di salah satu ruang di Istana Kepresidenan Bogor.

Selain Ketua Ombudsman RI juga tampak Wakil Ketua Ombudsman RI Lely Pelitasari Soebekty dan anggota Ombudsman RI lainnya.

Ombudsman Republik Indonesia terdiri atas sembilan anggota (termasuk satu ketua dan satu wakil ketua), yang dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat berdasarkan calon yang diusulkan oleh Presiden RI.

Setelah menerima Ombudsman RI, Presiden Jokowi juga dijadwalkan menerima Panitia Peringatan Hari Asuransi Nasional di Istana Kepresidenan Bogor.

Laporan ke Presiden

Usai diterima Presiden Jokowi, Ketua Ombudsman RI Amzukain Rifai menjelaskan sebagai lembaga pengawas pelayanan publik dan dugaan maladministrasi, secara rutin, pihaknya menyampaikan laporan kepada Presiden terkait tugas lembaga itu.

“Ini juga terkait penilaian kepada kementerian dan lembaga dalam pelayanan publik. Ombudsman RI berupaya memastikan UU Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik berjalan baik sehingga sejumlah hal kami lakukan,” katanya.

Pertama, lanjutnya, dengan pengawasan, kedua menindaklanjuti laporan- laporan yang disampaikan masyarakat kepada Ombudsman.

“Presiden berharap betul betul ada perbaikan dalam pelayanan publik, karena pelayanan yang baik dan terhindar dari mal administrasi itu sesungguhnya juga menutup kesempatan adanya korupsi,” katanya.

Amzulian mengungkapkan laporan masyarakat kepada Ombudsman RI cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

“Pada 2015 laporan kepada Ombudsmen berjumlah 6.897 kemudian pada tahun 2016 menjadi 9.075 laporan kemudian pada 2017 kami prediksi di atas 10.000 laporan,” katanya. (ANT/HG)