Presiden: Tak Boleh Lagi Ada yang Saling Menyalahkan

Foto: Biro Pers Setpres

INFONAWACITA – Presiden Joko Widodo mengharapkan semua menteri dan pimpinan lembaga bekerja lebih cepat, lebih efektif dan bekerja dalam tim yang solid dan saling mendukung. Tak ada lagi menteri yang saling menyalahkan.

“Kalau ada yang kurang, ya ini kekurangan kita semuanya. Karena kita berada dalam satu tim kerja,” kata Presiden saat memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Presiden juga menegaskan bahwa tak ada lagi visi dan misi Menteri karena yang ada hanya visi misi Presiden-Wakil Presiden. Semua Kementerian dan Lembaga satu garis lurus dengan visi misi tersebut.

“Jangan sampai ada hal yang berkaitan dengan rakyat banyak, langsung dikeluarkan Peraturan Menteri atau Surat Edaran. Harus sekali lagi dibicarakan di dalam rapat, minimal di rapat terbatas,” kata Presiden.

Jika keputusan sudah diambil, maka semuanya harus satu suara, dan memberikan dukungan penuh dengan menjalankan secara konsisten keputusan tersebut. “Tidak ada lagi yang berjalan sendiri-sendiri. Apalagi sudah keluar Perpres misalnya. Semuanya harus satu, hanya satu, memberikan dukungan secara penuh,” kata Presiden.

Sementara untuk pembangunan yang sifatnya lintas sektor, penyelesaiannya juga mesti lintas sektor dengan kordinasi Kemenko. “Sehingga sekali lagi perkuat sinergi, bekerja dalam tim yang solid, bekerja dalam tim yang kompak, dan saling dukung-mendukung.”