Presiden Puji Panser Anoa Amphibi Produksi Pindad

INFONAWACITA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji kualitas Panser Anoa Amphibi buatan Indonesia. Hal ini diungkapkan Presiden saat menghadiri Rapat Pimpinan TNI, di Gedung Gatot Soebroto, Markas Besar (Mabes) TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (16/1).

Presiden Jokowi tiba di Mabes TNI pukul 08.47 WIB, yang disambut oleh jajar kehormatan di pintu utama. Presiden Jokowi kemudian menaiki Panser Anoa 2 6×6 Amphibious buatan PT. Pindad didampingi oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo beserta para kepala staf angkatan dan juga Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian. Panser tersebut kemudian melintasi danau Mabes TNI sepanjang kurang lebih 300 meter untuk menuju Gedung Gatot Soebroto di mana dilaksanakan Rapat Pimpinan TNI dan Perwira Tinggi Polri.

Presiden Jokowi yakin bahwa produk-produk alat utama sistem pertahanan (Alutsista) Indonesia memiliki kualitas bagus. “Tadi yang Anoa Amphibious bagus sekali. Tank bisa masuk ke air, bagus,” ujar Presiden.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi menegaskan, bahwa industri Indonesia sebenarnya memiliki kemampuan memproduksi Alutsista. Namun, lanjut Presiden, produk-produk yang dihasilkan harus mampu bersaing di pasar dunia.

“Industri pertahanan mampu memproduksinya. Hanya perlu dilihat pembiayaan dari produksi itu. Kalau biaya bisa ditekan, bisa kompetitif di pasar mudah. Jangan hanya bergantung pesanan dari TNI atau Polri,” terangnya. Presiden dalam kesempatan itu juga menyempatkan diri meninjau pameran alat dan mesin pertanian (Alsintan), alat dan perlengkapan pertahanan (Alpalhan) yang semuanya adalah produksi dalam negeri. (AR/*)