Presiden Jokowi Terima Kepala Negara Micronesia, Ini Seluk Beluk Negara Tersebut

Presiden Jokowi menyambut Presiden Federasi Serikat Mikronesia Peter M. Christian, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (18/7). (Foto: Humas/Jay)

INFONAWACITA.COM – Memiliki nama yang hampir mirip dengan Indonesia, negeri Micronesia memang membuat rasa penasaran akan hubungannya dengan Indonesia. Apalagi Rabu (18/7/2018) pagi tadi, Kepala Negara Micronesia bertemu dengan Presiden Jokowi.

Pertemuan dengan Presiden Jokowi ini merupakan lawatan resmi Presiden Federasi Serikat Mikronesia Peter M. Christian. Ia disambut hangat seperti kunjungan kepala negara lainnya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Micronesia memang ternyata merupakan salah satu bagian dari negara tetangga Indonesia. Seperti dikutip dari wikipedia negara ini terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil yang terhampar di Samudera Pasifik bagian barat.

Federasi negara tersebut terdiri dari empat negara bagian dari barat ke timur, yaitu Yap, Chuuk, Pohnpei dan Kosrae. Letaknya pun tidak jauh dari Manado dan berbatasan langsung dengan Filipina.

Seperti dikutip dari travelingyuk.com kawasan Micronesia memiliki setidaknya ratusan pulau kecil yang memiliki pemandangan sangat indah. Kawasan ini terbagi menjadi beberapa wilayah negara kecil meliputi Palau yang potensi wisata baharinya sudah tidak diragukan lagi. Selanjutnya ada Pulau Marshall yang menjadi sebuah negara dengan penduduk mencapai 100.000 jiwa.

Negara selanjutnya yang ada di dalam kawasan ini adalah Pulau Caroline yang masih memiliki banyak penduduk primitif. Selanjutnya ada Pulau Mariana yang masuk dalam wilayah Administrasi dari Amerika dan yang terakhir ada Kiribati yang memiliki cukup banyak pulau kecil dan memiliki ibu kota bernama Tarawa.

Meski demikian, memiliki potensi pariwisata bahari tidak membuat negara kecil tersebut bisa menjadi tersohor. Hal tersebut lantaran minimnya akses karena negara yang berbentuk gugusan pulau-pulau kecil.

Sebelum bertemu dengan Presiden Jokowi, Menteri Kooordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto pun pernah menyambangi negeri ini pada Februari lalu. Di antaranya Wiranto membahas soal peningkatan kerjasama konektivitas dari Jayapura.

“Karena FSM ini negara yang sangat terisolasi maka tadi ada pembahasan mengenai kerjasama konektivitas antara Indonesia dengan Micronesia, seperti menghubungkan dengan kota-kota di Jayapura atau Manado, ” ujar Menko Polhukam Wiranto seperti dikutip tribunnews.com pada (1/2/2018). (DS/yi)