Presiden Jokowi: Sekarang Saya Sudah Menjadi Keluarga Batak

Prosesi adat ngunduh mantu putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) (foto: Facebook Presiden Joko Widodo)

INFONAWACITA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini resmi menjadi keluarga batak. Hal ini disampaikan sendiri oleh Presiden Jokowi di halaman resmi Facebook-nya pada Minggu (26/11).

“Sekarang saya sudah menjadi keluarga besar Batak setelah putri saya Kahiyang bersuamikan Nasution dan menerima marga Siregar,” kata Presiden Jokowi sambil mengunggah foto prosesi adat putrinya yang hendak diberikan marga oleh keluarga suaminya Bobby Nasution.

Pada foto tersebut nampak Presiden Jokowi sedang menari tortor lengkap dengan menggunakan kain songket.

Tampak juga ibu Negara Iriana Jokowi menggunakan baju melayu berwarna merah yang dilengkapi juga dengan songket.

Semua Bersaudara

Pada keterangan foto tertulis “Kita semua memang bersaudara”. Pernyataan Presiden Jokowi ini diungkapkan setelah banyaknya masyarakat Sumatera Utara yang menyebutkan marganya saat Presiden Jokowi berkunjung ke Silangit.

“Di Silangit, ada yang menyalami saya dan berkata: “Pak, saya Siregar, Pak.” Ada juga yang mengenalkan diri sebagai Nasution,” kata Presiden Jokowi.

Sebelumnya Kahiyang Ayu yang menikah dengan Bobby Afif Nasution memang telah resmi menyandang marga Siregar dalam upacara adat di Kota Medan, Selasa (21/11/2017).

Upacara mangalehen marga (penganugerahaan marga) itu digelar di rumah Doli Sinomba Siregar, paman kandung Bobby Afif Nasution di Jalan Suka Tangkas, Lingkungan 13, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Medan Johor.

Acara puncak pesta pernikahan ngunduh mantu Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution dihelat di perumahan Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi, Medan, Sabtu (25/11).

Rencananya Presiden Jokowi akan kembali melakukan serangkaian prosesi ngunduh mantu pada Minggu (26/11). Dalam perhelatan di Medan ini, Presiden Jokowi rencananya memakai “teluk belanga” yang merupakan busana khas Melayu. (DS/yi)