Presiden Jokowi Sampaikan Catatan Sementara dari Peninjauannya ke Sulawesi Tengah

Presiden Jokowi berpelukan dengan salah satu warga Sulawesi Tengah yang bertemu dengan Kepala Negaranya. (Foto: BPMI)
Presiden Jokowi berpelukan dengan salah satu warga Sulawesi Tengah yang bertemu dengan Kepala Negaranya. (Foto: BPMI)

INFONAWACITA.COM – Presiden Jokowi menyampaikan hasil sementara peninjauannya kepada masyarakat. Langkah itu ia lakukan melalui unggahan akun resmi media sosialnya pada Senin (1/10/2018).

Kepala Negara menyatakan, setelah dirinya meninjau sejumlah titik di Kota Palu pada Minggu (30/9/2018) kemarin, ada empat hal penting yang ia tekankan.

“Seharian meninjau sejumlah titik di Kota Palu, kemarin, yang paling penting adalah empat hal: evakuasi korban, penyediaan prasarana dan sarana air bersih dan sanitasi, pembersihan kota dari puing-puing, dan pemulihan jalur angkutan dari dan ke Palu dan sekitarnya,” tulis Presiden Jokowi.

Kepala Negara melanjutkan, empat catatan penting penanganan awal untuk Sulawesi Tengah itu sudah dijalankan sejak Minggu (30/9/2018) malam.

“Semua langkah itu sudah dijalankan sejak semalam. Alat-alat berat berupa excavator dan backhoe sudah dikerahkan. Terutama ke kawasan yang rusak parah dan penuh reruntuhan bangunan seperti Balaroa dan Petobo. Untuk 80-an titik pengungsian dan permukiman sudah diangkut sedikitnya 15 hidran umum, mobil tanki air, WC portable, dan tenda-tenda darurat,” Presiden Jokowi melanjutkan.

Libatkan Alat Berat dan Berbagai Pihak

Bukan itu saja, kota-kota juga bakal dibersihkan dengan melibatkan berbagai alat berat serta keterlibatan semua pihak.

“Untuk pembersihan kota, sejumlah dump truck dan excavator juga telah dikerahkan oleh Kementerian PUPR bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palu. Mudah-mudahan, dalam dua minggu ke depan, Kota Palu sudah bersih dari puing dan reruntuhan bangunan,” tambah Presiden Jokowi.

“Sementara untuk kelancaran angkutan dan arus logistik ke Kota Palu dari arah Makassar, Gorontalo dan Poso, segera kita lakukan perbaikan jembatan yang rusak, pembersihan longsoran di sejumlah lokasi terutama jalur utama kawasan Kebon Kopi,” jelas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyatakan, dalam dua minggu lagi, ia akan kembali ke Sulawesi Tengah.

“Dua minggu lagi, Insya Allah, saya akan ke Palu lagi untuk memastikan segenap upaya pemulihan dampak bencana yang kita lakukan telah dilaksanakan dengan baik,” kata Presiden Jokowi.

 

View this post on Instagram

 

Seharian meninjau sejumlah titik di Kota Palu, kemarin, yang paling penting adalah empat hal: evakuasi korban, penyediaan prasarana dan sarana air bersih dan sanitasi, pembersihan kota dari puing-puing, dan pemulihan jalur angkutan dari dan ke Palu dan sekitarnya. Semua langkah itu sudah dijalankan sejak semalam. Alat-alat berat berupa excavator dan backhoe sudah dikerahkan terutama ke kawasan yang rusak parah dan penuh reruntuhan bangunan seperti Balaroa dan Petobo. Untuk 80-an titik pengungsian dan permukiman sudah diangkut sedikitnya 15 hidran umum, mobil tanki air, WC portable, dan tenda-tenda darurat. Untuk pembersihan kota, sejumlah dump truck dan excavator juga telah dikerahkan oleh Kementerian PUPR bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palu. Mudah-mudahan, dalam dua minggu ke depan, Kota Palu sudah bersih dari puing dan reruntuhan bangunan. Sementara untuk kelancaran angkutan dan arus logistik ke Kota Palu dari arah Makassar, Gorontalo dan Poso, segera kita lakukan perbaikan jembatan yang rusak, pembersihan longsoran di sejumlah lokasi terutama jalur utama kawasan Kebon Kopi. Dua minggu lagi, Insya Allah, saya akan ke Palu lagi untuk memastikan segenap upaya pemulihan dampak bencana yang kita lakukan telah dilaksanakan dengan baik.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on