Presiden Jokowi Direncanakan Bakal Hadiri Hari Santri Nasional 2018

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Deklarasi Hari Santri Nasional di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2015. (foto: Setkab)
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Deklarasi Hari Santri Nasional di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2015. (foto: Setkab)

INFONAWACITA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan bakal menghadiri Apel Akbar Santri Nusantara pada Minggu (7/10/2018) di Stadion Sriwedari Kota Surakarta. Tercatat akan hadir sekira 20 ribu santri dari wilayah Solo dan sekitarnya pada acara untuk memeriahkan Hari Santri Nasional 2018 itu.
.
Kegiatan yang diinisiasi Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) NU ini dihelat, untuk memeriahkan Hari Santri Nasional. Acara ini sekaligus menjadi momen untuk memperteguh peran santri dalam menjaga persatuan bangsa. “Ulama dan santri dari dulu hingga sekarang menjadi motor penggerak kesatuan nasional, menjaga pancasila dan merawat perbedaan,” kata Ketua Umum PP RMI NU KH Abdul Ghoffarrozin, pada acara Konferensi Pers di Solo.

“Gelar Apel Akbar Santri Nusantara (nanti-red) ditujukan untuk meneguhkan kembali bahwa Indonesia sebagai nation-state, dengan Pancasila sebagai ideologi adalah final,” tegas Rozin.

Melalui acara ini nanti, para santri akan menunjukkan komitmen mereka untuk tetap menjadi penjaga bangsa dan negara Indonesia. Khususnya dari upaya dan gerakan yang mengancam NKRI.

“Apel Akbar Santri Nusantara ini akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang juga akan dibarengi dengan pembacaan Ikrar Santri Nusantara,” ujar Rozin.

Seperti Infonawacita.com lansir dari NU Online, kemeriahan acara Hari Santri Nasional di Solo juga akan dirangkai dengan sejumlah kegiatan lainnya. Seperti expo, lomba, dan kompetisi sepak bola Liga Santri Nusantara.