Presiden Jokowi Akan Hadiri Peringatan HUT PDI Perjuangan

Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri saat Peringatan HUT Ke-44 PDI Perjuangan, 10 Januari 2017. (foto: presidenri.go.id)

INFONAWACITA.COM – Presiden Joko Widodo dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja dijadwalkan akan menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 PDI Perjuangan di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

“HUT ke-45 PDI Perjuangan ini adalah ulang tahun spesial karena angkanya bersamaan dengan tahun kemerdekaan Republik Indonesia, sehingga persiapannya juga spesial,” kata Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, di kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta, Selasa (9/1/2018), dikutip dari Antara.

Menurut Hasto, HUT ke-45 PDI Perjuangan ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo, sejumlah Menteri Kabinet Kerja, sejumlah ketua umum partai politik, para tamu VIP, serta kader partai.

Tema yang diusung PDI Perjuangan pada HUT tahun ini adalah “Pancasila Bintang Penuntun Indonesia Raya”.

“PDI Perjuangan memilih tema tersebut karena sangat menyadari Indonesia satu dan berdaulat, satu jiwa dengan sumpah pemuda, yakni satu bangsa, satu bahasa, dan satu Tanah Air,” katanya.

Mata acara

Ada empat mata acara yang dipersiapkan PDI Perjuangan pada perayaan kali ini. Pertama, penampilan tari dan kesenian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Kedua, menampilkan foto-foto kegiatan jejak 45 tahun PDI Perjuangan, baik dari para jurnalis maupun dari kader partai.

Ketiga, Deklarasi Gerakan Indonesia Pasti, yakni gerakan untuk menyelamatkan keanekaragaman hayati Indonesia. Gerakan ini akan memperjuangkan untuk mendapatkan paten indikasi geografis terhadap 45 jenis anggrek yang merupakan endemik Indonesia.

Menurut Hasto, PDI Perjuangan akan mengusulkan paten terhadap 45 jenis anggrek, dengan menjaring masukan melalui pemerintah daerah maupun DPD PDI Perjuangan di berbagai wilayah.

Kemudian, keempat, pidato politik dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. (*)