Polri Siapkan Petugas di Pekalongan Minimalisir Kemacetan Lalu Lintas

foto: aktual.com

INFONAWACITA.COM – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa menyatakan telah menyiapkan petugas pengurai kepadatan kendaraan di wilayah Pekalongan Jawa Tengah yang diperkirakan menjadi ancaman kemacetan lalu lintas.

“Petugas kepolisian siap mengurai kemacetan (di Pekalongan) tersebut secara maksimal agar pengendara tidak terjebak kemacetan lebih lama lagi,” kata Royke saat dihubungi di Jakarta, Minggu (24/12).

Royke bersama Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Ajun Komisaris Besar Polisi Windro Akbar Panggabean dan Kapolres Brebes AKBP Sugiarto memantau kamera pemantau di Pos Pengamanan Terpadu Operasi Lilin Candi 2017 di Brebes Exit (Brexit).

Royke menuturkan terjadi kepadatan arus lalu lintas imbas dari peningkatan jumlah kendaraan pada sejumlah ruas di Jawa Barat dan Jawa Tengah pada hari ketiga Operasi Lilin 2017.

Pintu Tol Cikarang Utama

Di pintu Tol Cikarang Utama terjadi antrian panjang sejak Minggu (24/12) siang sehingga berpotensi terjadi kepadatan di pintu Brexit termasuk Pemalang dan Pekalongan.

“Karena di wilayah Pekalongan sedang digelar kegiatan keagamaan sehingga ketika volume kendaraan bertambah akan memperparag bottleneck,” ujar Royke.

Ia menyebutkan kendaraan mengantri panjang hingga wilayah Pekalongan dengan kecepatan kendaraan rata-rata mencapai 10 km per jam-20 km per jam.

Menurut Royke, antrian itu akan menjadi ancaman kendaraan dari Jakarta terutama Cikarang Utana pada empat jam hingga lima jam mendatang, jika tidak ada pengaturan di Pekalongan. (ANT/HG)