Polisi Bekuk Pengedar Uang Palsu di Pekalongan

INFONAWACITA.COM – Kepolisian Resor Pekalongan, Jawa Tengah membekuk seorang tersangka pengedar uang palsu. Tersangka berinisial DM (40) warga Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, dibekuk melalui operasi rutin yang digelar selama sepekan terakhir.

Kepala Polres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan memberi keterangan di Pekalongan, Minggu (7/1/2018). Ia mengatakan bahwa uang palsu sebesar Rp25 juta tersebut dibeli tersangka dari seorang warga Kabupaten Temanggung seharga Rp10 juta.

“Berdasarkan hasil keterangan tersangka, uang palsu dengan pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu tersebut telah digunakan untuk berbelanja sebanyak 50 kali. Adapun uang palsu tersebut diperoleh dari seseorang yang berada di luar kota Rp25 juta,” katanya, dikutip dari Antara.

Modus operandi

Wawan didampingi Kepala Polsek Wonopringgo AKP Aries Tri Hartanto saat memberikan pernyataan. Ia mengatakan dalam modus operandinya, tersangka membelanjakan uang palsu ke para pedagang kecil seperti untuk membeli bensin dan kebutuhan lainnya.

Melalui uang palsu sebesar Rp100 ribu atau Rp50 ribu, kata Wawan, tersangka dapat pengembalian uang asli dari para pedagang kecil tersebut.

“Jadi tersangka dapat keuntungan ganda yaitu mendapatkan barang yang dibutuhkan dan uang pengembalian dari para pedagang,” katanya.

Ia mengatakan tersangka akan dijerat Pasal Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011, pasal 36 ayat 2, dan junto pasal 245, serta pasal 55 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

“Akibat perbuatannya, saat ini tersangka kami amankan di Mapolres Pekalongan. Adapun barang bukti kejahatan berupa sisa uang palsu Rp5 juta dan sepeda motor kami sita untuk bahan penyelidikan selanjutnya,” katanya, menutup keterangan. (*)