Polda Jabar Ungkap Sindikat Pemalsuan BBM Pertalite

Ilustrasi (foto: Katadata/Arief kamaludin)

INFONAWACITA.COM – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Krimsus) Polda Jabar berhasil mengungkap sindikat pemalsuan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite, di Kabupaten Indramayu.

Praktik pemalsuan yang dilakukan Muh (34 tahun) di Blok Bugel RT 14 RW 06 Desa Leuwigede, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu. Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto dalam keterangannya, Selasa (26/12) mengungkapkan, dari lokasi pemalsuan, polisi menyita puluhan drum bahan pembuatan pertalite yang terdiri dari kondensat (cairan bahan baku pembuatan pertalite) dan puluhan karung bleaching (penjernih).

“Pelaku mengolah BBM untuk kemudian dijual ke sejumlah kios penjualan BBM (pertamini),” kata Kapolda, dikutip dari Republika.co.id.

Menurut Agung, praktik pemalsuan BBM tersebut, sudah berjalan sejak Juni lalu. Pelakumencampur sejumlah bahan baku untuk menjadi pertalite. Di antaranya minyak bumi, kondensat, dan bleacing. Kondensat dan bleaching, lanjut dia, didapatkan pelaku dari dari seseorang di PT HPJ.

“Pelaku mengoplos kondensat dan bleaching, dengan perbandingan 200 liter kondensat dicampur 25 kg bleaching,” ujar dia.

Pertalite hasil oplosan ini, kata Agung, dijual ke kios bensin (pertamini) seharga Rp 7.600 per liternya. Polisi, kata dia, masih mengembangkan kasus tersebut. Ia mengimbau, kepada masyarakat agar lebih berhati-hati lagi dalam membeli BBM di kios-kios pinggir jalan.(AR)