PLN: Jumlah Permintaan Sambungan Baru Tahun 2017 Melebihi Target

Ilustrasi peningkatan distribusi listrik oleh PLN (foto: republika)

INFONAWACITA.COM –  Jumlah permintaan sambungan baru kepada PT PLN (Persero) di pengujung tahun 2017 melebihi target dari yang ditetapkan. Hal ini diungkapkan kata General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) Ikhsan Asaad.

“Untuk Jakarta kami berhasil menyambung 183.000 pelanggan baru di 2017. Target 140.000, berarti over atau melebihi target,” kata Ikhsan di gedung PLN Disjaya Jakarta Pusat seperti dilansir Kompas.com pada Selasa (2/1/2018).

Hal tersebut pun dibenarkan Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Barat PT PLN (Persero) Haryanto WS, bahkan ia mengatakan untuk wilayah Banten setidaknya ada 160.000 sambungan baru di tahun 2017.

Jika jumlah tersebut digabungkan dengan sambungan Jakarta maka totalnya melebihi 10 persen dari target sambungan baru untuk regional Jawa bagian Barat tahun 2017, yaitu 280.000 sambungan baru.

Pemasangan yang Mudah

Menurut Haryanto mudahnya pemasangan listrik bisa menjadi salah satu faktor meningkatnya permintaan pemasangan sambungan baru. Kemudahan ini juga, kata Haryanto, terbukti dari peringkat ease of doing business (EoDB) dari World Bank Group untuk Indonesia yang naik di peringkat 72 setelah pada 2016 lalu ada pada peringkat ke-91.

Dimana seperti diketahui salah satu indikator peringkat tersebut ialah kemudahan berusaha ditampilkan melalui biaya mendapatkan sambungan listrik yang lebih murah. Selain itu, Haryanto menambahkan, dengan proses permintaan sambungan baru yang lebih singkat, maka mendapatkan listrik jauh lebih mudah.

“Jadi, kami dari PLN memastikan tidak boleh ada daftar tunggu (permintaan sambungan baru) di Jakarta. Hari ini daftar, besok (langsung) nyala,” tutur Ikhsan. (*/DS/yi)