PLN dan Pertamina Upayakan Efisiensi

(Ki-Ka) Dirut PT Pertamina, Elia Massa Manik, Wamen ESDM Arcandara Tahar, Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Dirut PT PLN Sofyan Basir. foto: infonawacita.com (DS)

INFONAWACITA.COM – Pertamina dan PLN berjanji akan mengupayakan efisiensi untuk tetap memberikan harga BBM dan Listrik yang dapat dijangkau masyarakat.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir menjelaskan PLN memahami ditengah menguatnya harga batubara PLN sebagai satu-satunya perusahaan listrik negara akan terus melakukan efisiensi khususnya hingga 3 bulan kedepan.

Misalnya saja dengan melakukan zonasi batubara dan BBM.

“Jadi banyak hal yang bisa diefisiensi,” kata Sofyan dalam konferensi pers.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengaku jika Pertamina sudah kencang menerapkan efisiensi dalam mengelola BBM.

Efisiensi pertama kata Ellia, dilakukan dengan menghemat ongkos produksi BBM dan menjaga agar distribusi dan ongkos produksi di harga yang paling hemat.

Kedua, ada delapan program prioritas yang dilakukan Pertamina sehingga Pertamina sudah berhasil efisien di enam bulan terakhir.

“Misal kalau dulu pemakaian material 100, kita turunkan ke 90, 80. Kedua, harga. Nanti kita ceritakan di Januari berapa efisiensinya enam bulan terakhir,” ujar Elia.

Ganti Model Bisnis

Selain itu pihaknya juga melakukan efisiensi dengan mengganti model bisnis. Biasanya Pertamina melakukan stok BBM, saat ini setelah melakukan impor, BBM langsung dilepas ke pasaran.

“Ini menekan biaya simpan, jadi lebih hemat. Itu kita lakukan di kilang dan downstream kita,” ujar Elia.

Jadi kata Elia yang terpenting adalah kombinasi antara teknologi dan knowlage dan harus dibentuk melalui budaya efisiensi di dalam tubuh Pertamina itu sendiri.

“Tentu terpenting perubahan budaya sehingga kita bisa lakukan efisiensi,” tutupnya. (DS/HG)