Pilkada Serentak Diprediksi Beri Dampak Positif Bagi Perekonomian Indonesia

Darmin Nasution (foto: Kemenko Perekonomian)

INFONAWACITA.COM – Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution memprediksi jika Pilkada serentak 2018 nanti justru akan membawa dampak positif pada perekonomian Indonesia. Apalagi ini baru pertama kalinya Indonesia menyelenggarakan Pilkada pada 171 daerah secara bersamaan.

Hal ini diungkapkan Darmin saat konferensi pers Kompas 100 CEO Forum pada Rabu (29/11).

Kata Darmin, seperti pada pilkada-pilkada sebelumnya, pesta demokrasi memang selalu membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Selalu dampaknya positif 0,1 persen biasanya jadi bertambah pertumbuhannya, karena banyak pengeluaran baliho, kaos, dan sebagainya,” kata Darmin menjelaskan.

Meski demikian, yang menjadi catatan Pilkada harus tetap berjalan aman. “Jadi mudah-mudahan aman, maka kita cukup optimistis tahun depan kita bisa targetkan melampaui 5,4 persen,” harap Darmin.

Indonesia sendiri memiliki target pertumbuhan ekonomi 5,4 persen di tahun 2018. Angka tersebut didapat karena melihat perekonomian dunia yang semakin membaik. Bukan hanya itu, pertama kalinya Indonesia menyelenggarakan Pilkada serentak di 171 daerah juga bisa diprediksi memberikan dampak positif bagi perekonomian tahun 2018.

“Dengan adanya Pilkada di 171 daerah dan belum kejadian sebanyak itu jadi jangan-jangan bukan 0,1 persen yang disumbangkan, tapi bisa lebih tinggi, sehingga harapannya bisa lebih baik dari yg ditargetkan,” papar Darmin. (DS/yi)