Pilih Transaksi dengan Rupiah Daripada Dollar, Langkah Nyata Pedagang Online Ini Patut Ditiru Ketimbang Hanya Protes atau Nyinyir Belaka

Ilustrasi Rupiah dan Dollar. (Foto: bumntrack.com).
Ilustrasi Rupiah dan Dollar. (Foto: bumntrack.com).

INFONAWACITA.COM – Masih lebih banyak warga negara Indonesia yang mencintai tanah airnya. Seorang pedagang daring (online-red) ini, misalnya. Ia mengunggah pengakuan yang kemudian mendapatkan apresiasi dan rasanya patut dicontoh oleh warga negara Indonesia lainnya.

“Sumbangsih kecil saya untuk #rupiahterbaik,” tulis pemilik akun bernama Muhammad Oktaviansyah, seperti dikutip pada Minggu (9/9/2018).

Bukan itu saja, ia juga mengunggah tangkapan gambar percakapan antara dirinya dengan pelanggannya yang merupakan warga negara Singapura.

“Hai, saya mau beli produk teh daun sirsak yang kamu jual. Pengiriman ke Singapura, bisa?” tanya pembeli itu kepada Okta.

“Bisa. Tapi, mohon pembayarannya dengan Rupiah,” pinta Okta.

Pembeli asal Singapura itu menyetujui syarat yang diajukan Okta.

Apresiasi dari Warganet

Langkah Okta itu segera saja langsung mendapatkan apresiasi dari warganet. Bahkan banyak juga yang menaruh hormat pada Okta karena lebih memilih transaksi dengan menggunakan rupiah ketimbang dollar.

“Yang diperlukan niat dan aksinya, kalau saja semua orang kayak gini instead of blaming our government and yet still sipping starbucks buying import things, pasti rupiah bakal tetap dan malah semakin kuat, terlepas dari apapun faktor eksternalnya,” tulis pemilik akun honelysian.

Sementara itu, warganet lain memberikan juga tips khusus yang rasanya patut dicatat bagi pedagang daring.

“Boleh aku perbaiki? Harga tetap dalam dollar dengan kurs beli. Pembeli membayar dalam dollar sesuai Invoice, kirim ke BI menjadikan devisa dan selanjutnya rupiah dikirim ke rekening rupiah anda. Sehingga Indonesia ketambahan dollar dari anda,” kata pemilik akun Budi Laksmana.

“Waduh, kalo sampai situ saya enggak ngerti pak, soalnya selama ini kalo ada pembelian luar negeri saya enggak pernah mau nerima selain rupiah, dan tujuan transfer selalu bank lokal dari indonesia juga. Cuma online shop kecil soalnya. Terima kasih ilmunya,” jawab Okta.

“Tapi enggak apa-apa juga. Yang penting uang masuk ke Indonesia. Jadi tambah kaya Indonesia berkat anda anda yang lainnya juga,” balas Budi.

“Terimakasih mas untuk usahanya,” ujar pemilik akun Sandi Ramadhan.

“Hayuklah sama-sama kita usaha, dari kecil kalo ramean bisa besar,” jawab Okta.