Performa Ponsel Android Nokia Diklaim Cemerlang, Benarkah?

Salah satu ponsel pintar Nokia (Foto: Tirto.id)

INFONAWACITA.COM – Tahun 2017 menjadi tahun kelahiran Nokia dalam dunia ponsel pintar berbasis android. Selama setahun performa perusahaan Finlandia yang kini bernaung di bawah HMD Global, perusahaan asal China ini diklaim cukup cemerlang.

Pada kuartal keempat 2017, ponsel cerdas Android besutan Nokia tercatat sudah menjual 4,1 juta unit di seluruh dunia. Selama setahun, Nokia HMD sudah menjual 8,45 juta unit di seluruh dunia.

“Ponsel cerdas Nokia diterima dengan baik di pasar sehingga tumbuh cepat di kuartal-kuartal terakhir,” tulis Counterpoint Research seperti yang diinformasikan Nokiamob dikutip dari CNNIndonesia.com pada Selasa (6/2/2018).

Nokia tercatat sudah meraup satu persen pangsa pasar global, akan tetapi prestasi ini belum bisa mendongkrak posisi mereka masuk ke dalam jajaran 10 besar produsen ponsel cerdas dunia.

Dengan begitu Nokia mengalahkan penjualan dari vendor Sony di periode Q4, kendati demikian, kesuksesan Nokia ini tak berlangsung lama karena sebagian besar didukung oleh faktor sentimen nostalgia.

Meluncur pertama kali pada awal 2017, Nokia hanya memasok 100.000 unit untuk Q1. Secara bertahap pasokannya ke pasar terus meningkat tiap kuartal, 1,4 juta unit di Q2, 2,8 juta unit di Q3, dan 4,15 juta unit di Q4.

Mengalahkan penjualan iPhone

Apabila dibandingkan, performa tahun pertama Nokia bersama HMD cukup cemerlang. Mereka mengalahkan penjualan iPhone pertama yang dijual pada 2007 silam. Namun penjualan Nokia HMD di tahun debutnya belum melamapaui pencapaian Nokia Lumia, yang dulu memakai sistem operasi Windows Phone.

Nokia sendiri nampak bertekad melebarkan portofolio produk mereka. Mereka dijadwalkan meluncurkan Nokia 9 di ajang tahunan Mobile World Congress (MWC). Mereka juga dikabarkan sedang membuat sebuah model yang punya kamera dengan lima lensa sekaligus. (cnn/RA/yi)