Perbanyak Bedeng, Petani di Merauke Dapat Bantuan Cultivator

Ilustrasu petani menanam sayur di Papua (foto: villagerpost)

INFONAWACITA.COM – Anggota Komisi IV, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Solaeman Hamzah menyerahkan bantuan cultivator sebanyak 25 unit kepada kelompok petani di Kabupaten Merauke.

Bantuan itu diharapkan dapat digunakan membuat bedeng yang bisa dimanfaatkan menanam sayur-sayuran dan tanaman holtikultura.

“Hari ini, saya realisasikan janji yang pernah saya sampaikan kepada petani. Memang peralatan tidak datang serentak, tetapi secara bertahap,” ujar Solaeman seperti yang dilansir dari tabloidjubi Selasa, (2/1).

Menurutnya, bantuan yang diberikan secara bertahap itu membuat petani harus menunggu. Ia memastikan setiap permintaan yang disampaikan akan direalisasikan. Sedangkan cultivator yang diberikan ke petani berukuran kecil, namun bisa dimanfaatkan menggembur lahan sekaligus membuat bedeng dalam jumlah banyak.

“Saya berharap dengan tiga unit alat cultivator itu dimanfaatkan membuka lahan dalam skala lebih luas. Sehingga ditanami aneka jenis tanaman holtikultura,” ujar kader Partai Nasdem itu.

Menggarap lahan

Bantuan alat pertanian itu akan memudahkan menggarap lahan dari teknik mengolah mengandalkan tenaga manusia ke teknologi mesin. Selain efesien, alat itu akan menghasilakn produksi petani lebih banyak sehingga mampu memenuhi permintaan pasar.

“Ini gratis dan tidak ada pungutan biaya. Saya berharap peralatan dirawat dengan baik dan dikelola secara berkelompok. Tidak diberikan perorangan,” kata Solaeman menegaskan.

Salah seorang petani di Distrik Tanah Miring, Sumarlan mengapresiasi bantuan ini, karena begitu melakukan reses dan berdialog aspirasi yang disampaikan langsung direspon.

“Pak Solaeman Hamzah ini hampir setiap bulan, beliau datang di Merauke dan mengunjungi petani di kampung-kampung,” katanya. (RA/yi)