Perbaiki Kualitas Kinerja Pelayanan Pasien Jadi Prioritas RSUD Biak

Ilustrasi. (foto: metrotvnews.com)

INFONAWACITA.COM – Jajaran tenaga medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kelas B, Kabupaten Biak Numfor papua memprioritaskan perbaikan kualitas kinerja pelayanan kesehatan bagi pengobatan pasien. Hal ini dikatakanĀ Pelaksana Tugas Direktur RSUD Kelas B Kabupaten Biak Numfor, Papua dr Ricard Ricardo Mayor, MKes.

“RSUD Kelas B Biak sebagai rumah sakit rujukan di wilayah Teluk Saereri dan Provinsi Papua sepanjang tahun 2018 telah mencanangkan perubahan peningkatan pelayanan untuk pasien berobat yang rawat jalan maupun rawat inap,” ujar Ricardo Mayor, di Biak, Minggu (14/1/2018).

Salah satu langkah yang dilakukan Ricardo adalah dengan memperbaiki kinerja di kalangan internal rumah sakit. Setiap petugas medis kesehatan RSUD Biak, lanjut Ricardo Mayor, harus dapat melayani pasien yang berobat sesuai standar layanan minimal berlaku di RSUD Biak ini.

“Saya harapkan dengan perbaikan kualitas layanan RSUD Biak tidak lagi muncul keluhan dan komplain keluarga pasien. Ini menjadi perhatian serius manajemen RSUD Kelas B Biak,” katanya lagi.

Penilaian akreditasi

Menyinggung hasil penilaian akreditasi RSUD Biak, menurut Ricardo Mayor, ia optimistis pada tahun 2018 status RS ini telah terakreditasi. Keyakinan ini didasari oleh telah dijalankannya semua syarat teknis pelayanan kesehatan rumah sakit.

“Penilaian tim surveyor di RSUD ini memberikan apresiasi atas peningkatan kualitas pelayanan kesehatan untuk pasien yang berobat jalan dan rawat inap,” katanya pula.

RSUD Kelas B Biak memiliki 23 tenaga dokter spesialis yang setiap hari melayani seratusan pasien dari berbagai kampung dan kabupaten tetangga, seperti Kabupaten Yapen Kepulauan, Kabupaten Waropen, Kabupaten Supiori, Kabupaten Mamberamo Raya, dan Kabupaten Nabire. (*)