Perancis Bangun Listrik Tenaga Surya di Bali

sundancesolar.com

INFONAWACITA – Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengungkapkan adanya komitmen perusahaan Prancis, Aquo Energy, untuk memasok 10.000 MW listrik di Propinsi Bali. Pasokan itu akan dihasilkan melalui pembangkit listrik tenaga surya.

Hal ini disampaikan Pastika usai menerima kunjungan Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Corinne Breuz, di kantor pemerintahan provinsi Bali, Jumat (15/7).

Menurut Pastika Bali saat ini telah dipilih menjadi¬†Center of Excellence¬†di bidang energi baru dan terbarukan oleh pemerintah pusat. “Bali sebagai pilot project provinsi yang menggunakan energi bersih di Indonesia, dan harapannya tahun 2019 seluruh energi di Bali sudah menggunakan energi bersih,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dubes Corinne Breuz menjelaskan Bali dipilih sebagai basis dari perusahaan Prancis tersebut karena dianggap memiliki lokasi yang strategis di mana terletak di tengah-tengah Indonesia.

“Kami pandang letak geografis Bali akan memudahkan kami, karena selain ke Jakarta, perusahaan ini juga akan menjalin komunikasi dengan cabang di Singapura dan Timor Leste, jadi pemilihan Bali kami pandang sudah tepat,” kata Dubes Breuz [AI]