Penuh Sukacita, Pernikahan Putri Jokowi Jadi Pesta Bagi Warga

Pengantin perempuan, Kahiyang Ayu, serta kedua orangtuanya yaitu Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi saat kirab Rabu (8/11) pagi. (Foto: kapanlagi.com)

INFONAWACITA.COM – Sukacita tak hanya milik pengantin, keluarga pengantin, maupun tamu undangan. Pernikahan putri semata wayang Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menjadi pesta bagi warga Solo dan sekitarnya.

Kirab pengantin dengan kereta kencana menjadi saat yang ditunggu-tunggu warga. Rombongan mempelai laki-laki, Bobby Nasution, menggunakan kereta kencana dari Alila Hotel Solo yang berada di Jl Slamet Riyadi menuju ke lokasi pernikahan yaitu Grha Sabha Buana, yang berada di kawasan Sumber, Banjarsari. Sementara iring-iringan pengantin perempuan juga menggunakan kereta kencana dari kediaman pribadi Presiden Jokowi di kawasan Sumber, tak jauh dari gedung pertemuan.

Masyarakat mengelu-elukan di sepanjang jalan menuju ke lokasi acara. Tak hanya warga Solo, warga sekitar Solo pun tak mau kalah. Sri Rezeki misalnya, warga Sragen ini rela datang untuk melihat kirab pengantin. Sragen adalah kabupaten yang berada di Timur Solo.

“Saya tadi berangkat pagi biar dapat tempat yang lebih enak, tapi ternyata banyak juga yang mau lihat,” kata Sri, kepada Antara.

Perjuangan juga dilakukan Agung Pambudi, warga Laweyan, yang pagi-pagi juga menuju ke dekat lokasi gedung pertemuan untuk melihat kirab. “Agak susah mendekat, banyak jalur yang dialihkan, juga penjagaan yang ketat. Tapi alhamdulillah bisa menjadi saksi pernikahan putri Pak Jokowi meski cuma di pinggir jalan,” ujar Agung sumringah.

Masyarakat juga berjubel di sekitar gedung pertemuan untuk melihat tamu-tamu yang datang. Bagi mereka, menjadi hiburan tersendiri bisa melihat langsung tokoh-tokoh nasional yang terkenal, atau artis-artis yang selama ini hanya bisa mereka lihat di televisi.

Hal ini seperti diungkapkan Yuke Anggita. Dia mengaku senang bisa melihat para tamu yang hadir, selain juga penasaran dengan kereta kencana pengantin.

“Saya juga ingin lihat kereta kencananya mas Bobby dan mbak Ayang,” katanya.

Jauh sebelum itu, kegembiraan masyarakat Solo sudah diwujudkan dalam berbagai bentuk, mulai atraksi hingga bagi-bagi makanan di car free day, serta acara doa bersama dan sarapan bareng. Ini sebagai bentuk mangayubagya atau memeriahkan hajatan Presiden Jokowi.(AR)