Pengibaran “Bintang Kejora”, Polisi Australia Telusuri CCTV KJRI Melbourne

INFONAWACITA.COM – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengakui hingga saat ini, kepolisian Australia belum berhasil menemukan pelaku pengibar bendera Papua Merdeka, bintang kejora, di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Melbourne. Sementara ini, Kepolisian Australia, masih melakukan penelusuran terkait peristiwa tersebut.

“Informasi yang kami terima, polisi sudah berkomunikasi dengan pihak keamanan KJRI untuk memeriksa CCTV,” kata Arrmanatha di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (12/1).

Selain memeriksa CCTV, polisi Australia juga tengah meminta keterangan dari pihak yang mengunggah video pengibaran bendera tersebut di media sosial.

“Tentunya berbagai upaya ini akan memakan waktu,” kata Arrmanatha.

Arrmanatha menambahkan, pasca kejadian ini, pemerintah Australia sudah memutuskan untuk memperketat keamanan di semua kantor konsulat Indonesia yang ada di negeri kangguru tersebut.

Bendera Papua Merdeka, Bintang Kejora, mendadak dikibarkan di KJRI di Melbourne, pada Jumat (6/1) lalu. Pengibaran itu terjadi sekitar pukul 12.52 siang waktu setempat. Saat itu, sebagian besar staff KJRI sedang melakukan ibadah shalat Jumat.

Pelaku menerobos halaman gedung apartemen tetangga KJRI sebelum memanjat pagar tembok KJRI yang tingginya lebih dari 2,5 meter. (GR/HG)