Pengamat Sebut BBM Satu Harga Bisa Jamin Ketersediaan Energi di Seluruh Nusantara

INFONAWACITA.COM – Direktur Energy Watch, Mamit Setiawan menilai kebijakan BBM satu harga bisa menjamin ketersediaan kebutuhan energi masyarakat.

“Sudah seharusnya semua masyarakat bisa menikmati harga Premium sebesar Rp 6.450 per liter dan Solar Rp 5.150 per liter,” ungkap Mamit seperti dalam keterangan pers yang diterima infonawacita.com di Jakarta, Jumat (24/11).

Misalnya kata Mamit, saat ke daerah akan ditemui masih banyaknya nelayan yang menggunakan Premium dan Solar.

“Jangan lupakan juga para buruh yang kesehariannya banyak menggunakan sepeda motor. Selain itu, transportasi umum juga masih banyak yang menggunakan Premium dan Solar sebagai bahan bakar yang bersahabat bagi rakyat,” lanjutnya.

Premium Masih Primadona

Disisi lain BBM jenis Premium (bensin RON 88) masih menjadi primadona masyarakat miskin.

“Premium masih dibutuhkan untuk menjangkau masyarakat yang betul-betul miskin, menggerakkan ekonomi rakyat. Jadi harus tetap ada hingga ekonomi meningkat nantinya,” ujar Mamit.

Karena menurut Mamit ada selisih harga BBM jenis Premium dengan BBM jenis lain (Pertamax).

Dari sisi teknis, premium juga masih diproduksi oleh sebagian besar kilang milik Pertamina.

“Kemampuan kilang – kilang kita masih terbatas untuk memenuhi semua kebutuhan bahan bakar masyarakat, wajar bila premium masih diproduksi dalam jumlah besar karena spek kilang di kita itu spek untuk menghasilkan premium,” ungkap Mamit. (DS/HG)