Susi: Pencurian Ikan Masih Terus Terjadi

Foto : us.images.detik.com

INFONAWACITA.COM – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan meski sering dilakukan penangkapan terhadap kapal-kapal ilegal, namun aksi pencurian ikan masih terus terjadi.

Bahkan kapal ilegal ini menggunakan teknologi canggih dalam mencari ikan. Selain adanya dugaan oknum KKP yang memberikan legalitas terhadap aktivitas tersebut.

Kasus pencurian ikan kata Susi bukanlah satu-satunya pekerjaan yang dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselsaikan, di antaranya pembangunan sarana prasarana, pengawasan, penataan kelembagaan, penanganan ABK asing, dan lain-lain.

Susi berharap Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP yang baru Laksda Eko Djalmo Asmadi, dapat mempercepat penyelesaian terhadap sejumlah permasalahan yang ada di bidang pengawasan kelautan dan perikanan.

“Saya berharap, Dirjen yang baru dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di bidang pengawasan laut dan perikanan” kata Susi di Jakarta, Jumat (20/1).

Untuk itu, ujar dia, pengawasan aktivitas perikanan di wilayah Indonesia harus ditingkatkan. Khusus kawasan Indonesia timur akan dibangun Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) yang hingga saat ini masih berstatus stasiun. (ANT/HG)