Pemprov Sumsel Pastikan Pasokan Listrik Untuk LRT Aman

Stasiun LRT di Palembang, Sumatera Selatan. (Foto: http://sumaterarailways.blogspot.co.id

INFONAWACITA.COM – Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, kebutuhan listrik untuk kereta api ringan atau Light Rail Transit Palembang aman karena pihak PT PLN sudah menjaminnya.

Kepastian tersebut usai Alex meresmikannya pelayanan pertama Gardu Traksi Light Rail Transit (LRT) Jakabaring dan ruang Distribusi Control Center (DCC) di Palembang, Rabu (20/12).

Dia mengatakan, peresmian tersebut sekaligus menandakan PT PLN sudah siap memenuhi seluruh kebutuhan listrik operasional kereta api ringan Palembang.

Bahkan, lanjut dia, PLN memastikan ketersediaan listrik pada pelaksanaan Asian Games Palembang lebih dari cukup karena ketersediaan listrik berlebih hingga mencapai 50 persen.

Gubernur mengatakan, berdasarkan laporan yang disampaikan General Manager PLN Wilayah Sumsel Jambi dan Bengkulu (S2JB) pada dasarnya untuk memenuhi distribusi dan keandalan listrik di kawasan Jakabaring sudah lebih dari cukup.

Hal ini karena bila salah satu penyuplai mengalami masalah secara otomatis akan tergantikan dengan distribusi lainnya, kata dia.

Menurut dia, bukan hanya distribusi listrik yang aman tapi juga keandalannya terjamin, untuk Jakabaring karena pasokan cukup.

Jadi kebutuhan listrik untuk Asian Games mudah-mudahan aman bahkan bisa berlebih, ujar dia.

Dia mengatakan, terkait perkembangan pembangunan jalur kereta api ringan tersebut bahwa lokomotif dan gerbong kereta itu akan datang di Palembang pada Bulan Maret 2018 sekaligus dilakukan ujicoba.

Untuk seluruh rangkaian sinyal dan lain-lainnya akan selesai bulan Februari dan Juni perjalan perdana LRT Palembang dari Bandara sampai Jakabaring, kata dia.

Total Kebutuhan Listrik

Sementara General Manager PT PLN S2JB Daryono mengatakan, kebutuhan listrik kerata api itu dari Bandara SMB II Palembang sampai Jakabaring dengan 13 stasiun penumpang memerlukan total daya listrik 40 MPA.

Kebutuhan ini akan disuplai dari sembilan gardu traksi dan sembilan Gardu Penghubung dengan total kapasitas 815 MPA, kata dia.

Untuk Gardu Traksi yang sudah terpasang dan siap digunakan ada tiga titik yakni Gardu Traksi di depan stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, kemudian di depan Polresta Palembang dan traksi di depan Ogan Permata Indah Mall, tambah dia. (ANT/HG)