Pemerintah Tunjuk 2 Perusahaan Ini Seleksi Penerima Dana Tax Amnesty

bappenas.go.id

INFONAWACITA – Pemerintah akan menyeleksi proyek-proyek yang dianggap menarik sebagi investasi dana-dana yang bersumber dari aset repatriasi. Untuk itu, pemerintah menunjuk dua sekuritas milik negara, yakni PT Danareksa Sekuritas (Persero)  dan PT Bahana Securities (Persero).

Kedua perusahaan ini akan menjadi penasihat keuangan untuk menyiapkan proyek dan merancang skema investasi. Kedua perusahaan ini akan menilai apakah proyek tersebut menarik baik dari sisi nilai invetasi maupun masa depan proyek.

Menteri PPN/Bappenas Sofyan Djalil mengatakan, kedua perusahaan itu juga akan memeriksa perusahaan apakah akan mengembangkan bisnis atau memliki proyek yang sedang mengejar investasi. Kedua perusahaan ini juga diperkenankan menawarkan proyek kepada investor asing untuk mendapatkan pendanaan.

Karena itu, hanya perusahaan atau proyek yang layak yang bisa mendapatkan dana repatriasi hasil kebijakan pengampunan pajak. Proyek atau perusahaan siap didanai asal telah memberitahukan tentang proyek dan dana yang dibutuhkan.

Beberapa proyek dari sektor industr telah dikantongi pemerintah. Namun, belum diputuskan apa saja proyek yang akan didanai yang bersumber dari dana repatriasi itu. [KG]