Pemerintah Targetkan Desa Online Tuntas 2019

INFONAWACITA – Pemerintah menargetkan pembangunan jaringan Desa Online akan rampung pada 2019. Untuk tahun ini ditargetkan 20 ribu hingga 30 ribu jaringan Desa Online bisa diwujudkan.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan, kementeriannya akan mempercepat implementasi sistem Desa Online sebagai percepatan program Desa Membangun.

“Akses informasi akan mudah didapatkan, sehingga transfer ilmu dan teknologi bisa cepat sampai ke desa. Desa harus menjadi subjek, bukan lagi sekedar penonton,” kata Marwan beberapa waktu lalu.

Dengan Desa Online diharapkan segala informasi termasuk potensi, produk unggulan, dan perkembangan pembangunan desa bisa dipromosikan dan diakses masyarakat dengan mudah. Akses yang mudah pada gilirannya mendorong transparansi karena semua rencana pembangunan, pengelolaan dana, dan progres pembangunan desa bisa dilakukan dan diketahui publik.

“Kita harus gerak cepat. Sistem Desa Online ini juga memudahkan pemda melakukan perencanaan pembangunan termasuk saat melaporkan arus lalu lintas dana desa yang telah diperoleh dari Pemerintah Pusat,” kata Marwan.

Dia meyakini program desa membangun akan berjalan dengan lebih cepat karena kucuran dana desa yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu jaringan desa online juga sangat bermanfaat untuk membuka desa-desa yang selama ini terisolasi dengan akses informasi dan transfer ilmu. [TN]