Pemerintah Pusat Anggap Perlu Penataan Ulang Alur Penumpang di Terminal Arjosari

Terminal Arjosari, Jawa Timur (foto: malangvoice.com)

INFONAWACITA.COM – Pemerintah pusat merasa perlu adanya perbaikan dan penataan ulang pada alur penumpang di Terminal Arjosari, Jawa Timur. Hal ini guna kenyamanan dan keamanan penumpang di terminal tersebut.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono pun meminta Dinas Perhubungan Jawa Timur untuk mengusulkan penataan ulang tersebut.

“Kita sudah melihat keadaan terminal dan saya rasa perlu dilakukan pemolesan terkait flow (alur pergerakan) penumpang. Tadi juga sudah diskusi dengan Kepala Terminal yang kita usulkan supaya ada perbaikan agar calon penumpang tidak perlu lagi berhadapan langsung dengan bus karena sudah diberikan kanalisasi yang bisa langsung naik ke bus,” terang Sesjen Djoko usai meninjau Terminal Arjosari Malang, Rabu (13/6/2018) seperti termuat dephub.go.id.

Bisa Libatkan BUMD atau BUMS

Djoko menambahkan beberapa perbaikan dan pengembangan di Terminal Arjosari dapat dilakukan melalui skema kerjasama baik dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maupun Badan Usaha Milik Swasta (BUMS).

“Terminal ini berada di pusat kota, untuk itu terminal ini harus dapat menjadi fasilitas yang baik untuk publik. Saya tadi meminta kepada kawan-kawan disini untuk menjajaki kerjasama dengan pihak ketiga dalam mengembangkan terminal sehingga ada pemasukan bagi terminal ini. Bisa dikerjasamakan dengan BUMD, BUMN ataupun BUMS,” urai Sesjen Djoko.

Djoko berharap dengan usulan perbaikan serta pengembangan tersebut dapat menjadikan terminal yang user friendly sehingga penumpang tidak merasa enggan untuk menggunakan fasilitas yang tersedia. (DS/yi)