Pemerintah Pastikan BBM Subsidi dan Listrik Tidak Naik Hingga Maret 2018

Menteri ESDM Ignasius Jonan (Ketiga dari kiri). foto: infonawacita.com (DS)

INFONAWACITA.COM – Pemerintah memastikan tidak akan menaikan harga listrik dan BBM subsidi untuk 3 bulan kedepan.

Hal ini diungkapkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dalam konverensi pers di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (27/12).

“Pemerintah memutuskan bahwa tarit listrik untuk 1 Januari hingga 31 Maret 2018 dinyatakan tetap, jadi sama dengan peridoe 3 bulan terakhir, jadi gak ada kenaikan,” kata Jonan mengatakan.

Hal ini berarti tarif listrik non subsidi untuk pelanggan 900 Va masih Rp1.352/Kwh. Sedangkan untuk pelanggan 1.300 VA keatas masih Rp1.467,28/Kwh.

Hal yang sama juga diterapkan pada BBM Premium ron 88 dan Solar yang tidak mengalami kenaikan hingga 3 bulan kedepan yakni per 1 Januari hingga Maret 2018. Dimana Rp6.550/liter untuk premium ron 88 dan Rp5.150/liter untuk solar.

Daya Beli Masyarakat

Yang jadi pertimbangan pemerintah untuk tidak menaikan harga tarif listrik dan BBM hingga Maret 2018 merujuk kepada daya beli masyarakat.

Pemerintah sendiri mengevaluasi harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar bersubsidi dan Premium per tiga bulan sekali.

Parameter yang digunakan adalah harga Mean of Plates Singapore (MOPS), kurs dolar Amerika Serikat, dan biaya transportasi seluruh Indonesia. (DS/HG)