Pemerintah Jokowi-JK Berencana Naikkan Kuota Mudik Gratis Hingga 3 Kali Lipat di Tahun Depan

Ilustrasi pemudik menggunakan kapal laut. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pemudik menggunakan kapal laut. (Foto: Istimewa)

INFONAWACITA.COM – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana akan menambah kuota mudik gratis di tahun depan hingga 3 kali lipat. Hal ini ia utarakan saat melihat antusiasme masyarakat dalam mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah pada tahun ini.

Pada tahun ini setidaknya dari 30 ribu kuota mudik gratis yang disiapkan pemerintah, okupansinya mencapai hingga 90 persen. Ini disaksikan sendiri oleh Menhub saat mengunjungi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (13/6/2018) dalam rangka menjemput kapal mudik gratis lebaran.

“Hari ini kami ke Pelabuhan Tanjung Emas dalam rangka menjemput kapal mudik lebaran, dari Jakarta menuju Semarang. Alhamdulillah hari ini banyak sekali kapal yang datang dan Kemenhub bisa menyediakan kurang lebih 30.000 kuota mudik gratis dan occupancy-nya di atas 90 persen,” ujar Menhub seperti dikutip dari dephub.go.id.

Masyarakat Antusias

Menhub Budi juga berkesempatan untuk berinteraksi dengan para pemudik pada saat kunjungan. Menhub mengatakan bahwa masyarakat sangat antusias apabila tahun depan program mudik gratis diselenggarakan kembali. Bahkan akan membuat kelompok-kelompok untuk mengikuti program mudik gratis dengan kapal.

“Pada saat saya tawarkan, mau ikut lagi tidak di tahun depan, semua rata-rata mau. Bahkan mereka ingin membuat kelompok-kelompok pemudik yang menggunakan kapal,” tambah Menhub Budi.

Dilihat dari antusias masyarakat yang mengikuti mudik gratis cukup banyak tahun ini, Menteri Perhubungan berniat akan meningkatkan jumlah kuota mudik gratis pada tahun depan hingga 3 kali lipat.

“Tahun depan Kemenhub ingin menambah kapasitas. Kalau kapasitas darat itu kita pastikan akan kita tambah 3 kali lipat. Untuk laut kita berniat menambah 3 kali lipat tergantung dengan jumlah kapal yang ada,” jelas Menhub Budi. (DS/yi)