Pemerintah Berharap Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Meningkat

INFONAWACITA.COM – Pemerintah melalui Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Teten Masduki menyatakan, pemerintah berharap skor Indeks Persepsi Koruspi (CPI) yang diraih Indonesia untuk 2017 akan lebih baik dibanding tahun sebelumnya yang hanya naik 1 poin. Hal ini penting, karena skor CPI menjadi acuan bisnis dan investasi.

“Presiden juga tidak senang kalau poin CPI kita hanya naik satu poin saja. Kami berharap skor akan lebih baik lagi pada tahun ini,” ungkap Teten, di sela-sela peluncuran Indeks Persepsi Korupsi 2016, yang digelar Transparency International Indonesia, di Jakarta, Rabu (25/1).

Transparency International Indonesia merilis skor CPI Indonesia pada 2016 hanya naik 1 poin yaitu 37 dari tahun sebelumnya yang hanya 36. Skor CPI, lanjut Teten, menjadi penting karena menjadi acuan bagi pebisnis dan investor. Semakin baik CPI, maka akan berimbas bagi beberapa hal.

“Pertama, kemudahan bisnis di dalam negeri akan semakin baik, potensi suap semakin kecil, serta ada kepastian bisnis karena ada kepastian hukum. Orang tak akan ragu lagi untuk berbisnis, karena mereka yakin asetnya tidak akan hilang. Jadi itu hal yang penting,” papar Teten.

Teten menyatakan akan mengundang Transparency International Indonesia untuk mempresentasikan hasil survei tersebut di Kantor Staf Kepresidenan. “Menurut saya, hal itu penting untuk mengetahui secara detil, sehingga kami tahu apa yang harus dilakukan pemerintah,” ucap Teten.

Data Transparency International Indonesia, pada 2016 skor CPI Indonesia 37 dan berada di urutan 90 dari 176 negara yang diukur. Kenaikan tipis skor CPI Indonesia ini hanya mampu menyalip Thailand dengan skor 35, di mana sebelumnya selalu berada di atas Indonesia sejak 5 tahun terakhir. Namun skor CPI Indonesia belum mampu menggungguli skor Malaysia (skor 49), Brunei Darussalam (skor 58), dan Singapura (skor 85). Indonesia sedikit lebih baik di atas Thailand (skor 35), Filipina (skor 35), Vietnam (skor 33), Myanmar (skor 28), dan Kamboja (skor 21).(ANT/AR)