Pemerintah Bangun Dermaga di Perbatasan Timor Leste

INFONAWACITA.COM – Kondisi jalan yang buruk dan meluapnya sungai saat musim hujan di daerah pegunungan wilayah Amfoang yang berbatasan dengan Negara Timor Leste, memutus jalur transportasi warga. Mengatasi hal tersebut, Kementerian Perhubungan akan segera membangun dermaga feri di Naikliu, Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Kabupaten Kupang, David Djoni Ati, di Oelamasi, Jumat (2/12) mengungkapkan, setiap musim hujan tiba masalah utama yang dihadapi warga adalah terputusnya jalur transportasi. “Semua transportasi darat dari Kupang ke Amfoang Utara terhenti total karena kondisi jalan raya yang buruk serta meluapnya puluhan sungai di daerah pegunungan Amfoang,” kata David.

Rencana pembangunan dermaga feri di Naikliu, menurut David, telah disetujui pemerintah pusat, setelah melalui pertimbangan kondisi wilayah yang terisolasi pada musim hujan dan buruknya sarana jalan raya. Selain itu karena pertimbangan Naikliu sebagai wilayah terdepan yang berbatasan dengan Oecussee, Negara Timor Leste.

“Sesuai rencana pembangunan dermaganya dilaksanakan tahun 2017. Semua proses terkait perencanaan dermaga sudah selesai dilakukan. Dermaga itu pasti dibangun tahun depan,” tegasnya. David mengatakan, pembangunan dermaga di Naikliu sebagai implementasi dari program tol laut yang terus didorong pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk membangkitkan sektor ekonomi masyarakat di wilayah pedalaman Kabupaten Kupang.

“Jika sudah tersedia dermaga penyeberangan Feri maka tentu dengan sendirinya kapal penyeberangan akan menyingahi daerah Naikliu,” tegasnya. Pembangunan dermaga ini sangat menguntungkan petani, karena biaya yang dikeluarkan untuk mengangkut hasil bumi ke Kota Kupang semakin murah. Selama ini, menurut David, mereka mengeluarkan biaya hingga ratusan ribu untuk mengangkut hasil bumi ke Kota Kupang, namun dengan adanya dermaga serta kapal penyeberangan maka biaya transportasi akan menjadi lebih murah.(AR/ANT)