Pemerintah Akan Panggil Google Negosiasikan Pajak

INFONAWACITA.COM – Pemerintah menyatakan akan memanggil pihak Google untuk membahas tetap pengenaan pajak bagi perusahaan tersebut.

Menteri Perekonomian Darmin Nasution di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (19/1) menyatakan, persoalan pajak Google ini memang harus melalui dialog. “Persoalan pajak seperti Google ini saya pikir memang belum settle benar. Di negara lain pun sama. Oleh karena itu, memang harus ada dialog, termasuk negosiasi,” ungkap Darmin.

Keputusan tentang pajak bagi Google, lanjutnya, akan dilakukan oleh tim yang bernegosiasi dengan Google. Negosiasi, menurut Darmin, harus dilakukan secara tuntas oleh Direktorat Jenderal Pajak, untuk menemukan formulasi apa yang paling tepat untuk dikenakan.

Sehari sebelumnya, Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi memastikan pihaknya akan memanggil perwakilan Google untuk melakukan klarifikasi data laporan penghasilan yang diperoleh di Indonesia. Ken juga menegaskan, setiap perusahaan yang beroperasi dan mendapatkan penghasil di wilayah Indonesia, wajib memenuhi ketentuan perpajakan.(AR/ANT)