Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Sukses Digelar

INFONAWACITA – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan pelatihan Calon Asesor Lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di kota Manado selama 4 hari di Hotel Quality Manado.

Prof. Dr. Gati Gayatri, MA, selaku kepala Puslitbang Literasi dan Profesi SDM Kominfo, menjelaskan pada saat penutupan Pelatihan Calon Asesor Lisensi LSP bahwa dalam rangka kesiapan menghadapi MEA, Kementerian Kominfo bersama Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menargetkan pembentukan LSP di wilayah RI, untuk menunjukan kesiapan tersebut peran tenaga kerja yang di sertifikasi sudah sangat penting dalam menghadapi kualitas persaingan di dunia kerja.

Kedepannya bidang sertifikasi adalah hal yang wajib dalam menghadapi dunia kerja bagi setiap tenaga kerja dalam menunjukan kompetensi profesi masing-masing.

Pasar kerja MEA menuntut profesionalisme kompetensi bagi setiap pekerja di Indonesia sehingga melalui pembetukan LSP sangatlah penting, maka Kominfo dan BNSP tahun ini berusaha untuk menfasilitasi pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) lanjut Prof. Gati dalam sambutan penutupan pelatihan. Peserta Pelatihan adalah utusan-utusan Asosiasi/lembaga seperti Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM), PERHUMAS,ISKI, TVRI dll.

Salah satu peserta pelatihan yaitu Yaulie Rindengan, MSc, MM (APTIKOM Prov. Sulawesi Utara/Universitas Samratulangi) menambahkan bahwa peluang yang diberikan oleh Kominfo dan BNSP untuk percepatan pembentukan di Provinsi Sulawesi utara sudah dianggap mendesak karena Sulawesi Utara di targetkan sebagai pusat TIK di wilayah Timur Indonesia.

Pelatihan ini dibawakan langsung oleh Drs. Mulyanto, MM (Master Asessor) dari BNSP RI, hadir dalam penutupan Pelatihan Drs. Ricky H Paat,. Anni Triana, MSc selaku Panitia Pelatihan Puslitbang SDM Kominfo.

Acara pelatihan calon Asesor dibuka oleh Kepala BPPKI Manado, Bapak Drs. N. Kenda, M.Si,.(*)