Pembangunan LRT, Bukti Komitmen Pemerintah Membangun Indonesia

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi proyek Light Rail Transit (LRT) di Palembang pada Mei 2017 silam. (Foto: dephub.go.id).

INFONAWACITA.COM – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberi pernyataan terkait proyek Light Rail Transit (LRT). Menurutnya, itu merupakan bukti komitmen pemerintah membangun Indonesia.

“Selain itu, diharapkan juga menjadi inspirasi. Atau contoh moda transportasi angkutan massal yang terencana bagi daerah lain,” kata Budi seperti dikutip dari Antara pada Minggu (24/12).

Budi juga mencontohkan, Palembang menjadi salah satu kota percontohan untuk pembangunan. Sehingga mampu menjadi kota dengan transportasi massal terencana.

Budi menjelaskan transportasi massal LRT menjadi contoh angkutan massa terbaru. Terutama yang belum terdapat di kota lain.

“Ini menjadi lompatan bagi Palembang sebagai metropolitan yang lebih besar,” ujar Budi.

Pembangungan LRT di Palembang

Budi mengajak masyarakat berperan menjadikan LRT sebagai kebanggaan. Caranya dengan menyampaikan gagasan. Sehingga melegitimasi secara operasional maupun konsep. Seperti mendatangkan wisatawan domestik maupun internasional.

LRT juga diharapkan Budi tidak hanya semata lantaran pagelaran Asian Games 2018 saja. Tapi menjadi moda transportasi massa andalan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Budi memgungkapkan, pembangunan LRT di Palembang mencapai 78 persen. Dengan total 23,4 kilometer dan melintasi 13 stasiun.

Stasiun itu yakni Stasiun Opi, Stasiun Stadion Jakabaring, Stasiun Gubernur Bestari-Polresta, Stasiun Terpadu Jembatan Ampera, Stasiun Pasar Cinde, Stasiun Dishub Kominfo Provinsi Sumsel, Stasiun Palembang Icon dan Stasiun Demang Lebar Daun.