Pemanfaatan Media Sosial bagi Anak Butuh Pendampingan Orang Tua

Hand holding a Social Media 3d Sphere sign on white background.

INFONAWACITA – Media sosial bila tidak digunakan dengan baik dapat menjadi pembuka jalan kekerasan pada anak sehingga orang tua harus benar-benar paham kapan anak bisa bermain media sosial. kata seorang psikolog

“Media sosial punya batasan usia tersendiri, jadi patuhi aturan tersebut,” kata psikolog anak dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPT UI) Vera Itabiliana Hadiwidjojo melalui pesan elektronik, Selasa.

Ada media sosial yang memberi batasan umur 13 tahun untuk dapat bergabung di dalamnya. Bila anak belum mencapai usia tersebut dan ingin membuat akun, beri pengertian apa saja bahaya mengikuti media sosial sebelum waktunya.

“Tekankan nilai kejujuran juga karena untuk daftar medsos sebelum usianya artinya harus berbohong tentang umur, kan,” kata Vera.

Agar lebih mudah memberi pemahaman bahwa anak belum waktunya untuk punya akun di media sosial, orang tua dapat memberi contoh dengan tidak terlalu mementingkan dan tidak sering bermain media sosial.

Bila sudah memenuhi batasan usia minimal untuk membuat akun media sosial, anak tetap butuh pendampingan atau pengawasan orang tua di dunia tersebut.

“Tetap dampingi dengan antara lain orang tua menjadi teman anak di medsos,” kata dia.

Sumber : www.antaranews.com