Pelaku Serangan Teror di Istanbul Diduga Warga Kyrgyztan

INFONAWACITA.COM – Tersangka pelaku serangan teror brutal di sebuah klub malam di Istanbul pada malam perayaan tahun baru lalu diduga adalah warga Kyrgyztan berusia 28 tahun. Demikian dikutip dari media lokal Turki.

Berdasarkan laporan media setempat, tersangka pelaku penyerangan yang menewaskan 39 orang dan melukai sedikitnya 69 orang tersebut diduga masuk ke Turki pada bulan November, kemudian menetap di pusat kota Konya. Namun hingga kini otoritas Turki belum secara terbuka mengidentifikasi laki-laki bersenjata pelaku penyerangan, sementara polisi membantah informasi tentang adanya paspor Kyrgyztan yang beredar di media Turki adalah milik pria bersenjata tersebut. Demikian dilansir dari Telegraph.

Sementara itu, Kyrgyztan Security Service, Selasa (3/1) menyatakan tengah memeriksa laporan adanya warga Kyrgyztan yang terlibat dalam aksi teror di malam tahun baru tersebut. Media Turki pada Selasa kemarin menayangkan sebuah rekaman video yang menunjukkan tersangka pelaku serangan teror. Kamera menunjukkan rekaman 44 detik wajah pria yang tidak tersenyum itu dengan latar belakang Taksim Square, salah satu spot turis utama di Turki.

Tidak jelas apakah rekaman tersebut dilakukan sebelum atau sesudah aksi teror di klub malam Reina dilakukan. Termasuk tidak dijelaskan bagaimana rekaman video itu didapatkan. Otoritas Turki telah menahan belasan orang terkait serangan teror tersebut, termasuk dua orang asing yang ditangkap pada Selasa pagi.(AR)