Pelabuhan Kuala Tanjung Ditarget Beroperasi 2018

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (foto: netralnews)

INFONAWACITA.COM – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mentargetkan pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung milik PT Pelindo I beroperasi tahun 2018.

Demikian disampaikan Menhub usai meninjau langsung progres pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung bersama Dirjen Perhubungan Laut Agus Purnomo dan Dirut PT Pelindo 1 Bambang Eka Cahyana, akhir pekan lalu.

“Selesai pembangunan kita tetapkan soft launching Pelabuhan Kuala Tanjung pada Maret 2018,” ucap Menhub, seperti dilansir dari Tribunnews.com.

Ditambahkan Menhub, dengan adanya Pelabuhan Kuala Tanjung maka pelabuhan ini akan menjadi hub internasional di kawasan barat Indonesia setelah Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Bitung. Berbagai sarana dan prasarana infrastruktur telah disiapkan untuk mendukung fungsi pelabuhan ini.

“Kita siapkan infrastruktur yang tidak tanggung-tanggung, ada jalan eksisting, jalan tol, dan kereta api. Nanti Dirjen Perhubungan Laut berikan surat edaran, pelabuhan-pelabuhan yang ada di Indonesia harus identifikasi, setelah itu keharusan mereka melakukan transhipment di Kuala tanjung, itulah yang namanya hub,” jelasnya.

Selain menjadikan hub internasional di kawasan barat Indonesia, Menhub berharap nantinya Pelabuhan Kuala Tanjung memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai pelabuhan transshipment dan pelabuhan untuk mendukung Kuala Tanjung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Kalau itu terjadi ini ada suatu kebangkitan, lompatan suatu hub sistem yang kita lakukan ditambah lagi lokasinya yang ideal, di ujung Selat Malaka,” ujar Menhub.(AR)