PDIP Usung Asrun-Hugua di Pilgub Sulawesi Tenggara

Ilustrasi (Foto: dokumen)
Ilustrasi (Foto: dokumen)

INFONAWACITA.COM – PDI Perjuangan mengusung pasangan Asrun-Hugua maju dalam pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara 2018 mendatang.

Hal ini menyusul rekomendasi dari Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarno Putri, yang tertuang dalam surat rekomendasi pencalonan Asrun-Hugua nomor 3478/IN/DPP/XI/2017 tertanggal 6 November 2017.

Ada lima poin dalam surat rekomendasi tersebut, di antaranya yakni merekomendasikan Asrun sebagai calon gubernur dan Hugua sebagai calon wakil Gubernur Sultra periode 2018-2023 yang diajukan PDIP.

DPP juga mengisntruksikan kepada seluruh jajaran PDIP, aktivis, dan kader PDIP untuk mengamankan, menjalankan dan memperjuangkan Asrun-Hugua menjadi gubernur dan wakil Gubernur Sultra dan yang tidak mengindahkan instruksi itu akan mendapatkan sanksi partai.

Ketua Bappilu PDIP Sultra, Nur Salam Lada, Sabtu (25/11) malam mengatakan, dengan adanya rekomendasi itu maka sudah sangat jelas bahwa PDIP mengusung Asrun-Hugua di Pilgub Sultra.

“Tidak ada lagi keraguan seperti rekomendasi awal yang mencari koalisi dan belum ditandatangani Megawati, ini sudah jelas bahwa ketua umum langsung yang bertandatangan,” katanya.

Dengan adanya rekomendasi itu maka sudah tiga parpol yang resmi keluarkan dukungan kepada Asrun-Hugua untuk mendaftar ke KPU Sultra. Tiga parpol itu adalah Partai Amanat Nasional (PAN) pemilik 9 kursi, PKS pemilik lima kursi dan PDIP pemilik 5 kursi. Untuk mendaftarkan pasangan calon di KPU Sultra hanya butuh dukungan 9 kursi atau 20 persen dari jumlah kursi DPRD Sultra.(AR/ANT)