Pawai TK di Probolinggo Jadi Sorotan, Seperti Apa Penjelasan Polda Jawa Timur?

Kepolisian Daerah Jawa Timur. (Foto: Istimewa)
Kepolisian Daerah Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

INFONAWACITA.COM – Sejak Sabtu (18/8/2018) siang ini, warganet dihebohkan dengan kabar pawai TK di Kota Probolinggo yang dinilai tidak biasa. Sebabnya karena atribut yang dikenakan peserta pawai menggambarkan mirip dengan masyarakat sipil bersenjata.

“Karnaval TK d Kota Probolinggo, tapi pakaiannya kok seperti ini?” penggalan tulisan Ahmad Zainullah dalam postingannya, Sabtu (18/8/2018).

Foto dan video itu awalnya diunggah juga oleh akun bernama Ahmad Zainullah, lalu dibagikan di grup FB ILK Probolinggo. Dalam foto tersebut, terlihat anak-anak perempuan mengenakan pakaian tertutup berwarna hitam, dilengkapi atribut seperti senjata laras panjang.

Berbeda dengan pertanyaan Ahmad, beberapa warganet di grup dengan anggota lebih dari 100 ribu itu, seolah tidak mempermasalahkan pawai tersebut. Seperti pada akun bernama Scopy Dolpin di kolom komentar postingan di grup ILK Probolinggo. “Kayak itu aja dipermasalahkan, itu melambangkan kekuatan Indonesia, Jok rasis lur (jangan rasis saudara-red),” katanya.

Sementara itu, ada salah satu akun bernama Nining Sulistiani yang berusaha memberikan titik terang dalam kejadian ini. Dalam foto yang diunggahnya, dijelaskan tema yang dipakai TK tersebut saat pawai agustusan tahun ini.

“Pawai Kemerdekaan RI ke 73, TK Kartika Kodim 0820 Kota Probolinggo, tema Perang Rosulullah,” ungkapnya.

Info Terkait: Pakai Serba Hitam Dan Bawa Senjata Mainan, Karnaval TK Ini Tuai Kontroversi

Meski demikian, Direktur LP3ES Rustam Ibrahim tetap mempertanyakan peristiwa tersebut.

“Jika foto ini benar, menurut saya ini bukan busana adat daerah, bukan pula budaya Indonesia. Rasanya juga belum pernah terjadi dalam sejarah perang kemerdekaan? Apakah pemerintah membiarkan pawai seperti ini?” tulis Rustam seperti dikutip dari akunnya.

 

Sampai berita ini diturunkan, belum ada penjelasan resmi dari penyelenggara, terkait munculnya gambaran masyarakat sipil bersenjata, dalam pawai Kemerdekaan itu. Infonawacita.com sendiri juga sudah menghubungi pihak Polda Jawa Timur untuk mengklarifikasi peristiwa ini.

Meski demikian, pihak Polda Jawa Timur yang dihubungi melalui aplikasi percakapan, hingga saat ini masih belum memberikan jawaban. Khususnya mengenai peristiwa yang sebenarnya terjadi ini.