Paslon Bawa Isu Berujung Konflik di Pilkada? Begini Tegas Kapolri

Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian. (Foto: Reuters/todayonline.com)

INFONAWACITA.COM – Himbauan kepada seluruh calon kepala daerah yang akan bertarung pada pilkada serentak 2018, terlontar dari Mabes Polri. Isinya agar tidak membawa sejumlah isu yang berujung pada konflik di masyarakat.

Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian juga menyarankan, seluruh calon kepala daerah mengkampanyekan programnya secara baik kepada masyarakat. Serta tidak membawa isu suku, agama, ras dan antar golongan (SARA). Ia memastikan, jika ada pasangan calon kepala daerah yang membawa isu berujung konflik, maka akan segera “diamankan”.

“Jadi yang perlu kita jaga itu, jangan sampai terjadi mobilisasi massa yang membawa isu berujung konflik. Itu yang kita jaga. Itu semua bisa terbaca dari peta pasangan calon pendukung dan latar belakangnya,” kata Kapolri, Kamis (11/01).

Pemetaan Wilayah

Kapolri kembali mengatakan, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan para Kapolda hingga Kapolres. Untuk memetakan daerah rawan konflik. Mulai dari rawan, sangat rawan hingga kurang rawan.‎

Tito juga menjelaskan, pihaknya akan memberikan waktu paling lama tiga hari kepada para Kapolda dan Kapolres. Untuk membuat peta kerawanan konflik tersebut.

“‎Untuk itu, minggu ini saya perintahkan kepada jajaran semua di tingkat Mabes Polri. Mulai di tingkat Polda, Polres. Buat laporan ke Mabes Polri untuk jelaskan potensi daerah yang dianggap rawan konflik,” katanya, seperti dikutip dari bisnis.com.