Panglima TNI Sampaikan Ini untuk Serma Timbul yang Juga Panjat Tiang Bendera

Aksi Serma Timbul yang mendapat apresiasi dari masyarakat hingga Panglima TNI. (Foto: Istimewa)
Aksi Serma Timbul yang mendapat apresiasi dari masyarakat hingga Panglima TNI. (Foto: Istimewa)

INFONAWACITA.COM – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan kebanggannya atas kesigapan Serma Timbul Prawoto yang videonya juga ikut menjadi viral dan mendapat apresiasi masyarakat. Dalam video yang tersebar itu, Timbul terlihat memanjat tiang untuk membetulkan tali bendera yang terlepas saat upacara kemerdekaan HUT ke-73 RI.

“Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan apresiasi dan terima kasih serta rasa bangga kepada Serma Timbul Prawoto. Itu merupakan naluri dan aksi heroik sebagai seorang Prajurit Tentara Nasional Indonesia,” kata Kapuspen TNI Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah lewat keterangan tertulis, Sabtu (18/8/2018).

Serma Timbul sendiri merupakan anggota Babinsa Koramil 20/Cawas, Kodim 0723/Klaten, Kodam IV/Diponegoro. Saat upacara pada Jumat (17/8/2018) kemarin, Timbul memanjat tiang bendera untuk mengambil cincin kait yang terlepas saat petugas pengibar membentangkan bendera.

Timbul saat itu bertugas sebagai Perwira Upacara dan posisinya tak jauh dari tiang bendera. Melihat kejadian itu, secara spontan Timbul memanjat tiang yang tingginya sekitar 9 meter.

“Melihat kejadian tersebut, secara spontan dia memanjat tiang bendera untuk meraih tali yang terlepas. Sehingga pengibaran bendera Merah Putih dapat dilanjutkan,” ujar Fadhilah.

Kesigapan Timbul membuat upacara kembali dapat dijalankan hingga selesai.

“Tepat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya selesai, bendera Merah Putih pun bisa berkibar sampai di tiang tertinggi,” kata Sabrar, seperti dikutip dari detik.com.