Nongkrong di Warkop, Jokowi Berkisah Tentang Nikmatnya Kopi di Nusantara

Presiden Jokowi asyik menikmati kopi di sebuah Warkop di Pontianak.(Foto: tribunnews.com)

INFONAWACITA.COM – Di sela-sela kunjungannya ke Pontianak, Kalimantan Barat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri mengunjungi warung kopi (Warkop), Kamis (28/12) malam. Sambil nongkrong menikmati kopi, Jokowi bercerita soal kopi-kopi nikmat Nusantara yang pernah dia cicipi.

Jokowi tampak menikmati kopi yang disajikan Aming Coffee Pontianak. Tampak dalam rombongan adalah Ketua DPD Oesman Sapta Odang dan Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Partai Golkar Zainuddin Amali. Warkop juga tampak ramai pengunjung.

“Ini kopinya enak, apalagi harganya jauh di bawah harga kopi dari toko kopi yang banyak dijual saat ini,” kata Presiden Jokowi tentang kopi seharga Rp 9.000 yang dia cicipi.

Presiden juga mencoba roti srikaya dan roti panggang srikaya yang disediakan kedai tersebut. “Ayo coba ini juga, enak loh,” kata Presiden sambil menyorongkan roti kepada sejumlah wartawan yang duduk di hadapannya, seperti dikutip dari Okezone, Jumat (29/12).

Presiden selanjutnya juga menceritakan mengenai sejumlah kedai kopi yang pernah ia kunjungi, salah satunya adalah Sejiwa Coffee di Bandung. “Di sana, saya sampai habis 4 gelas, minum latte, lalu apa apa lagi namanya itu, tempatnya Sejiwa itu nyaman dan kopinya juga enak,” ungkap Presiden.

Ia pun menilai setiap daerah di Indonesia punya kekhasan kopi tersendiri. “Mulai dari ujung Barat ada kopi Gayo, lalu sampai di ke Sulawesi ada kopi Toraja, cuma saya belum kesampaian coba kopi Papua,” ungkap Presiden.

Tidak lupa ia menceritakan mengenai bisnis kedua anaknya Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep. “Anak saya yang besar jualan martabak, sudah lama, kalau anak saya yang kecil baru saja jualan pisang goreng, tempatnya kecil 1×2 meter saja, tapi dia tunjukin ke saya ‘ini loh Pak, ramai,” cerita Presiden sambil tertawa.

Dalam beberapa kesempatan, Jokowi kerap mendadak mampir ke kedai kopi. Kadang disertai Ibu Negara dan anak-anaknya.(AR)