Natal dan Tahun Baru, Telkomsel Tambah BTS 4G di Papua

Telkomsel pasang BTS 4G (foto: tribun)

INFONAWACITA.COM – Perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 akan membuat lonjakkan lalu lintas komunikasi meningkat, karena itu Manajemen PT Telkomsel (Persero) Regional Papua-Maluku menambah BTS 4G.

“BTS 4G kami tambah 10 unit, tetapi kami juga menyiapkan tiga combat fun yang akan ditempatkan di pusat-pusat keramaian,” ujar Vice President ICT Network Management Telkomsel Pamasuka, Samuel Pasaribu, di Jayapura seperti yang dilansir dari tabloidjubi Senin, (25/12).

Ia menyebut pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, traffic layanan data atau payload diperkirakan meningkat 35 persen dibandingkan hari biasa.

“Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati liburan Natal dan Tahun Baru, bahkan pada kondisi traffic¬†paling padat sekali pun,” katanya.

Menurut dia, Telkomsel selalu berusaha memastikan kehandalan jaringannya agar berbagai macam risiko terjadinya gangguan bisa diminimalisir.

“Kami juga secara rutin melakukan uji jaringan, baik dalam kondisi bergerak maupun tidak bergerak, untuk menjamin kelancaran penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video aktivitas pergantian tahun melalui perangkatnya,” jelas Samuel.

Prediksi traffic SMS dan layanan suara

Selain layanan data, Telkomsel juga memprediksi traffic layanan SMS juga akan mengalami kenaikan lebih dari 12 persen.

Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, traffic layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 2 persen dibandingkan hari normal.

Samuel menambahkan, dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel telah menyiagakan 592 Mobile GraPARI (MoGi) dan 359 outlet Siaga di seluruh Indonesia yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital.

“Pelanggan pun bisa memperoleh layanan di sekitar 430 GraPARI Siaga di seluruh wilayah Indonesia,” ujarnya. (RA)