Mulai Hari Ini PBNU Buka Pendaftaran Mudik Gratis

Ilustrasi mudik gratis bareng PBNU 2018 (Foto: Viva)
Ilustrasi mudik gratis. (Foto: Viva)

INFONAWACITA.COM – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Lembaga Takmir Masjid menyelenggarakan Mudik Gratis 2018. Kegiatan tahunan yang telah memasuki tahun kedelapan ini hadir, menjadi sejenis solusi di tengah fakta bahwa tiket kereta api sudah habis terjual.

Untuk itu, pada mudik gratis tahun ini, panitia melayani tiga ribu pemudik. Juga ada penambahan unit bus. Serta jangkauannya diluaskan hingga ke Sumatera. Tepatnya ke Lampung yang meliputi Metro, Tulang Bawang, Kota Bumi, dan Mesuji.

Tempat pendaftaran mudik gratis ini melalui masjid-masjid yang ditunjuk oleh LTM-PBNU atau langsung secara online dilaman www.nu.or.id. Akan mulai dibuka hari ini Senin (21/5/2018) hingga Kamis (24/5/2018).

Baca juga: PBNU: Pemerintah Telah Jalankan Fiqih Ajaran Islam Lewat Reformasi Agraria

Sedangkan pelaksanaan mudiknya diselenggarakan pada Sabtu (9/6/2018) pukul 10.00 WIB. Dipusatkan di halaman kantor PBNU Jl. Kramat Raya 164, Jakarta Pusat.

Mengenai syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mudik gratis ini, peserta cukup mengisi data secara online. Setelah itu peserta akan dihubungi oleh panitia melalui aplikasi percakapan (WA) untuk verifikasi data (KTP & KK). Setelah verifikasi data, maka akan dikeluarkan kode booking dan diinformasikan langsung ke masing-masing peserta.

Dengan nomor kode booking tersebut, peserta dapat menukar tiket asli pada tanggal 2 Juni 2018 pukul 10.00 WIB di kantor LTM-PBNU.

Trayek Tujuan Mudik

Untuk trayek tujuan pemudik dilayani sampai ujung timur pulau Jawa. Mulai dari Banyuwangi, Jember, Situbondo, Bondowoso, Probolinggo, Pasuruan, Surabaya, Gresik, Sampang sampai Sumenep – Madura.

Sementara ujung selatan sampai ke Kota Malang, Blitar, Mojokerto, Jombang, Gresik, Bojonegoro, Madiun, Tulung Agung dan Trenggalek.

Baca juga: Ketum PBNU: Budaya Indonesia Jauh Lebih Mulia Ketimbang Budaya Arab

Untuk Jawa Tengah meliputi Solo, Wonogiri, Magelang, Wonosobo, Yogya, Semarang, Demak, Kudus, Rembang, Pekalongan, Tegal dan Brebes.

Sedangkan wilayah Jawa Barat mulai dari Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan Cilacap.

Ketua panitia Mudik Berkah, Syarif Hidayat seperti yang dikutip dari Nu.or.id menjelaskan, tujuan kegiatan mudik gratis ini untuk membantu pemerintah mengurangi kepadatan arus Mudik 2018

Selain mudik gratis, LTM PBNU juga menyiapkan posko lebaran berbasis masjid. Mulai dari Merak – Banten sampai ke Ketapang, Banyuwangi–Jawa Timur. (RA/zh)