Muhammadiyah Ingatkan Politisi: Berhenti Pakai Isu Sektarian

INFONAWACITA.COM – Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar mengingatkan para politisi untuk berhenti mengedepankan isu-isu sektarian yang sempit pada Pilkada serentak 2018 nanti. Ia berharap Pilkada dijadikan ajang menampilkan perdebatan gagasan.

“Sisakanlah etika politik yang berakhlak serta hadirkanlah kompetisi politik yang mengedepankan gagasan dan kompetensi, sehingga bisa menyajikan pendidikan politik yang sehat untuk masyarakat,” ujar Dahnil di Jakarta, seperti dikutip dariĀ rilis.id pada Senin (1/1).

Setidaknya, kata Danhil ,akan ada 171 daerah pada 2018 ini harus dapat menampilkan kompetisi yang bermartabat.

Maka dari itu ia pun mengimbau partai politik sebagai pelaku utama politik elektoral itu untuk dapat menjaga kualitas demokrasi.

Peran Parpol

Caranya, parpol mesti menampilkan pesta politik yang santun. Dia khawatir, bila kontestasi masih mengandalkan cara-cara picik merebut kekuasaan akan berimplikasi pada kualitas demokrasi.

“Partai politik bertanggung jawab menjaga kualitas demokrasi kita lebih baik,” imbuh Dahnil.

Sebagai pilar demokrasi, katanya, partai politik memegang peran menjaga kualitas demokrasi. Caranya, dengan mengedepankan kontestasi yang tidak mereduksi nilai-nilai demokrasi. (*/DS/yi)