Moeldoko Ajak Waspada, Sekarang Orang Bisa Sebar Fitnah Sambil Tertawa-tawa

Kantor Kepala Staf Presiden Moeldoko menerima Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) di gedung Binagraha, Jakarta pada Kamis (19/4/2018). Foto: ksp.go.id

INFONAWACITA.COM – Kantor Kepala Staf Presiden Moeldoko menyadari jika perkembangan teknologi informasi membawa pengaruh besar pada Kabinet Kerja. Saat ini, kata Moeldoko, orang bisa menyebarkan fitnah sambil tertawa riang.

Hal ini disampaikannya saat menerima Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) di Gedung Binagraha, Jakarta pada Kamis (19/4/2018).

“Saat ini terjadi paradigma baru komunikasi. Kalau dulu informasi sebagian besar disampaikan oleh wartawan, sekarang hampir semua orang menjadi wartawan. Sumber informasi sangat terbuka,” kata Moeldoko seperti dikutip dari Ksp.go.id.

Fenomena inilah kata Moeldoko yang membuat perubahan secara luar biasa di bidang karakter.

“Kalau kita dibekali dengan agama yang kuat, kita tahu bahwa fitnah itu merupakan dosa besar. Tapi saat ini orang bisa melakukannya sambil ketawa-ketawa tanpa menyadari bahwa dampak dari perbuatannya sangat besar,” kata mantan Wakil Gubernur Lemhanas itu.

Musuh Bersama: Hoaks

Oleh karenanya Moeldoko berharap IMIKI dapat memahami paradigma baru komunikasi dan memunculkan gagasan besar seperti bagaimana menjadikan hoaks atau berita palsu sebagai musuh bersama. Selain itu, organisasi ini juga diharapkan dapat menebarkan virus positif untuk memperkuat karakter bangsa.

Pada kesempatan tersebut kepada Kepala Staf Kepresidenan, IMIKI yang sudah berdiri 20 tahun ini menyampaikan rencana musyawarah nasional di Palembang pada 23 April mendatang.

“Selain memilih kepengurusan baru, di Munas ini kami juga akan melakukan konsolidasi arah kebijakan organisasi ke depannya. Termasuk  membahas isu-isu aktual komunikasi,” kata Ketua Wilayah II Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Cecep Irwansyah. (DS/yi)