Menteri PUPR Janji Berikan Sanksi Tegas pada Kontraktor Lalai

INFONAWACITA.COM – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berjanji akan memberikan sanksi tegas kepada kontraktor yang lalai dalam mengerjakan pembangunan infrastruktur negara. Sanksi tegas tersebut bahkan kata Basuki bisa berupa blacklist perusahaan kontraktor lalai.

Hal ini diungkapkannya setelah mengetahui jika mayoritas kesalahan pemasangan grider pada proyek infrastruktur terjadi lantaran human error. “Mungkin paling berat blacklist,” kata Basuki seperti dikutip dari Kontan.co.id pada Rabu (3/1/2018).

Perbaiki SOP

Oleh karena itu ia berjanji kedepannya Kementerian PUPR akan segera memperbaiki standar operasional prosedur (SOP) dalam persoalan teknis dan manajerial konstruksi.

“Itu masalah SOP harus ada perbaikan, karena akan ada banyak sekali girder yang dipasang di Trans Jawa ini,” kata Basuki.

Seperti diketahui sepanjang tahun 2017 tercatat sejumlah pembangunan infrastruktur kerap mengalami kendala teknis, salah satunya ialah dalam pemasangan girder lantaran sepanjang tahun lalu ada beberapa proyek yang mengalami kegagalan.

Adapun proyek yang mengalami kendala pemasangan girder tersebut ialah pada Jembatan Over Pass Caringin Ruas Jalan Tol Bocimi, Jembatan Over Pass Ruas Jalan Tol Paspro Jawa Timur, Jembatan Ciputrapinggan Ruas Banjar-Pangandaran, Jawa Barat , Jembatan Overpass Proyek Jalan Tol Pemalang – Batang, Jawa Tengah. Serta yang teranyar pada Selasa (2/1) enam girder di jalan tol Depok-Antasari. (*/DS/yi)