Menteri PPPA: Perempuan Asmat Miliki Semangat Tinggi Wujudkan Kesetaraan

Menteri PPPA, Yohana Yembise (foto: republika)

INFONAWACITA.COM – Menteri Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise mengatakan bahwa perempuan Asmat memilik semangat yang tinggi untuk wujudkan kesetaraan.

“Kami bangga melihat ibu-ibu yang hadir di sini, kami akan terus melindungi perempuan yang ada di Indonesia, tumbuh kembang anak dan hak anak tanpa diskriminasi dari Sabang sampai Merauke,” ujar Yohana saat berkunjung ke Kabupaten Asmat, Papua.

Yohana juga menambahkan bahwa pada Sustainable Development Goals (SDG’s) pembangunan berkelanjutan di tingkat Internasional terdapat 17 indikator yang harus menjadi fokus salah satunya adalah indikator yang kelima yaitu kesetaraan.

Info terkait: Yohana Kecam Tindakan Kekerasan Ibu Kandung Terhadap Anaknya di Wamena

Perempuan, Yohana menilai, diharapkan bisa sejalan dan setara dengan laki-laki sehingga citra perempuan tidak hanya sebatas pada urusan domestik saja namun sebagai bagian terpenting di dalam pembangunan sebuah negara.

Ia juga menegaskan bahwa urusan terkait perempuan dan anak merupakan urusan wajib daerah sesuai dengan Undang- Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Jadi setiap Kepala Daerah punya tanggung jawab untuk memberikan perhatian untuk perlindungan perempuan dan anak serta pemberdayaan perempuan demi keluarga dan pembangunan negara,” tambahnya.

Dukungan Kesetaraan dari Pemda
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, dalam kampanye Bersama Lindungi Anak (Berlian) di Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (29/9). (Foto: ANTARA News/HO/Kementerian PPPA)

Hal serupa juga diungkapkan oleh Wakil Bupati Asmat, Thomas Eppe Safanto, bahwasannya perempuan dan laki laki harus saling melengkapi satu sama lain.

“Dahulu perempuan Papua merasa tidak sanggup untuk setara dengan laki-laki, kini perempuan Papua lebih bersemangat untuk memajukan ekonominya sehingga kesetaraan demi kemajuan negara akan terlaksana” jelas Thomas.

Info terkait: Menteri PPPA: Perluas Partisipasi Perempuan dalam Pembangunan

Pada kunjungan kerjanya seperti yang diinfomasikan KemenPPPA pada Jumat (18/5/2018), Yohana Yembise  memberikan pelatihan mengolah makanan untuk meningkatkan gizi masyarakat dengan sinole, sanusep isi ikan, ulat sagu, papeda, sagu opom dan lain sebagainya.

Selanjutnya Yohana juga melakukan permainan simulasi pembangunan ketahanan keluarga di Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) untuk konseling pengasuhan anak pada masing masing pasangan keluarga dan ditutup dengan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah Agats. (RA/yi)