Menteri ESDM: Sebanyak 57 Titik Terminal BBM Dibangun

Menteri ESDM Ignasius Jonan. (foto: Kementerian ESDM)
Menteri ESDM Ignasius Jonan. (foto: Kementerian ESDM)

INFONAWACITA.COM – Menteri ESDM Ignasius Jonan menyatakan, pada tahun 2017 sudah ada 57 titik terminal bahan bakar minyak (TBBM) yang dibangun di 57 kecamatan.

Dari jumlah tersebut, menurut Jonan, 54 TBBM dikerjakan Pertamina sedangkan tiga oleh swasta. Total sampai November 2017, 11 juta liter premium yang sudah disalurkan dan solar kira-kira 6.000 kiloliter dari perkiraan maksimal penyaluran 20.000 kiloliter.

“Jadi kami mohon waktu tiga tahun karena lokasi-lokasinya memang tidak mudah untuk bisa menambah 151 titik, artinya 151 kecamatan lagi sehingga total distribusi dalam satu tahun adalah 60.000 kiloliter atau 60 juta liter,” kata Jonan, di Pontianak, Jumat (29/12).

Untuk menyalurkan BBM sebanyak itu, Jonan menghitung harga distribusi yang dibutuhkan baik menggunakan pesawat, kapal maupun truk tangki biayanya membutuhkan Rp 800 miliar.

“Mohon kepada bapak Presiden untuk tetap mendorong semangat distribusi ini terutama kepada Pertamina. Sesuai Peraturan Presiden, premium hanya didistribusikan oleh Pertamina sedangkan solar sebagian oleh swasta dan ke depan mungkin swasta akan banyak berperan sesuai arahan yaitu dari Timur dulu lanjut terus ke Barat (Indonesia),” tambah Jonan yang mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian TBBM di Pontianak.(AR/ANT)